Usai bertengger di posisi kedua Liga Primer Inggris musim lalu, Manchester United justru masih belum bisa menunjukkan tajinya di musim ini. Jose Mourinho masih belum bisa menemukan racikan yang pas untuk anak asuhannya. Setelah menjalani 12 pertandingan liga, The Red Devils masih berkutat di posisi delapan klasemen sementara Liga Primer Inggris dengan koleksi 20 poin.

 

Hasil tersebut membuat mereka tertinggal jauh dari persaingan menuju perebutan gelar juara Liga Primer Inggris musim ini. Manchester United tertinggal tujuh poin dari penghuni slot terakhir Liga Champions yaitu Tottenham Hotspur yang berada di posisi keempat. Sementara itu, mereka juga terpaut jauh dari rival sekota, Manchester City yang berada di puncak klasemen sementara Liga Primer Inggris. Skuad besutan Pep Guardiola tersebut unggul 12 poin dari Manchester United dan belum sama sekali menderita kekalahan bersama Liverpool dan Chelsea. Hal ini tentu membuat para fans Setan Merah geram dengan performa tim kesayangannya sejauh ini. Apalagi setelah beredar kabar kurang sedap dimana Jose Mourinho memiliki hubungan yang kurang baik dengan para pemain bintang Manchester United. Mourinho dikabarkan memang kurang bisa memperlakukan para pemain bintangnya dengan baik. Nama-nama besar seperti Paul Pogba, Anthony Martial, hingga bintang muda, Marcus Rashford, dikabarkan memiliki hubungan yang buruk dengan sang manajer. Akibatnya, hal ini juga membuat suasana ruang ganti menjadi memanas. Belum lagi strategi bertahan yang kerap dipilih oleh Jose Mourinho ketika berhadapan dengan tim-tim besar. Dari beberapa pertandingan memang sempat membuat MU berhasil mencuri satu bahkan tiga poin. Namun, tak jarang strategi tersebut juga tidak bisa menyelamatkan mereka dari kekalahan.

 

Beberapa pihak mulai menyarankan agar Jose Mourinho mengubah gaya kepelatihannya. Hal ini perlu ia lakukan agar tetap bisa bersaing di sepak bola modern. Dan tentu saja agar ia masih bisa dipercaya sekaligus dipertahankan oleh Manchester United sebagai pelatih kepala. Ada juga beberapa pihak yang masih yakin bahwa Mourinho adalah pelatih yang tepat untuk Manchester United. Salah satunya adalah mantan gelandang Setan Merah, Juan Sebastian Veron, yang menilai Mourinho adalah orang yang tepat untuk mengembalikan kejayaan Manchester United. Hanya saja, Mourinho masih membutuhkan waktu untuk mewujudkan hal tersebut.

 

“Kepergian Ferguson benar-benar berdampak buruk untuk mereka. Mereka belum mampu menemukan pijakan sampai sekarang, dengan sudah mencoba sejumlah perubahan,” kata Veron dikutip AS.

“Tapi mereka adalah klub besar, jadi semoga mereka menemukan ide sepak bola yang diinginkan kedepannya. Mourinho adalah manajer yang bagus. Menurut saya, dia sungguh bagus.”

“Mungkin dia bisa jadi sosok yang tepat, tapi setelah semua yang diraih Ferguson di klub, dia akan butuh sedikit waktu untuk menerapkan ide sepak bolanya,” tambah Veron.

 

Memang setelah kepergian Sir Alex Ferguson, belum ada pelatih pengganti yang bisa mengembalikan Manchester United ke masa kejayaannya. Mulai dari David Moyes, Louis van Gaal, Ryan Giggs, hingga kini Jose Mourinho. Selama 26 tahun menangani Manchester United, Ferguson sukses menyumbangkan 38 trofi juara. Dimana 13 trofi diantaranya merupakan gelar juara Liga Primer Inggris dan dua kali memenangkan trofi Liga Champions Eropa. Prestasi mengesankan itu memang sulit untuk disamai, namun Jose Mourinho juga bukan sembarang pelatih. Ia juga pernah meraih kesuksesan bersama FC Porto, Chelsea, Inter Milan, Real Madrid, dan dua trofi bersama Manchester United.