PS Barito Putera

logo ps barito putera 88 liga 1 indonesia

PS Barito Putera

Banjarmasin/ Kalimantan Selatan

Tahun Didirikan

1988

Stadion

17 Mei

Pemilik

Zainal Hadi

Manajer

Hasnuryadi Sulaiman

Pelatih

Jacksen F. Tiago

Sejarah Tim

Persatuan Sepakbola Barito Putera, juga dikenal sebagai Barito Putera, adalah klub sepakbola profesional Indonesia yang berbasis di Banjarmasin, Indonesia. Klub saat ini berlaga di Liga 1.
Barito Putera yang dijuluki adalah Kebanggaan Banua berarti Kebanggaan Banua.

Barito Putera didirikan pada tahun 1988 oleh H.A. Sulaiman. H.B dan berpartisipasi dalam musim Galatama 1988-1989 dengan pemain seperti Fachri Amiruddin, Abdillah, dan Sir Yusuf Huawe. Manajer pertama mereka adalah M Hatta dan Andi Lala adalah pelatih pertama mereka. Untuk musim 1990, mereka menandatangani pemain bernama Frans Sinatra Huwae, yang kemudian menjadi kapten dan legenda klub mereka, dan Sukma Sejati sebagai pelatih.

Tahun berikutnya, Sukma Sejati digantikan oleh Maryoto, yang sebelumnya melatih Frans Sinatra Huwae di Diklat Ragunan. Salahuddin bergabung dengan Barito dan dipanggil ke tim sepak bola nasional Indonesia untuk Olimpiade Asia Tenggara 1991, di mana ia memenangkan medali emas. Pada akhir 1992, Maryoto digantikan oleh Andi Teguh karena ia ditunjuk sebagai pelatih tim nasional. Andi Teguh berhasil membimbing Barito Putera ke posisi ketiga di musim 1992-1993 Galatama dengan pemain seperti Frans Sinatra Huwae, Salahuddin, Zainuri, Yusuf Luluporo, Abdillah, Albert Korano, Fahmi Amiruddin, Samsul Bahri, Joko Hariyono, Heriansyah dan Saiman. Di musim terakhir Galatama, Daniel Roekito menggantikan Andi Teguh dan Buyung Ismu adalah salah satu striker yang paling ditakuti di Indonesia

1

Champion

Divisi Liga Indonesia Premier

Juara 1 (2011)

1

Champion

Divisi 2 Liga Indonesia

Juara 1 (2008)
Image