Brighton and Hove Albion

logo Brighton n hove albion

Brighton and Hove Albion

The Seagulls, Albion

Tahun Didirikan

1901

Stadion

Falmer Stadium

Pemilik

Tony Bloom

Pelatih

Chris Hughton

Sejarah Tim

Brighton & Hove Albion Football Club adalah klub sepak bola profesional dari Brighton yang berbasis di Falmer, East Sussex, Inggris. Mereka saat ini berkompetisi di Liga Premier, tingkat teratas sistem liga sepakbola Inggris. Pekarangan Brighton adalah Stadion Falmer berkapasitas 30.750, yang dikenal untuk tujuan sponsor sebagai American Express Community Stadium, atau hanya Amex.

Didirikan pada tahun 1901, dan dijuluki “Seagulls” atau “Albion”, Brighton memainkan sepakbola profesional awal mereka di Liga Selatan, sebelum terpilih ke Football League pada tahun 1920. Klub ini menikmati keunggulan terbesar antara 1979 dan 1983 ketika mereka bermain di Divisi Pertama dan mencapai Final Piala FA 1983, kalah dari Manchester United setelah replay. Mereka terdegradasi dari Divisi Pertama di musim yang sama.

Pada akhir 1990-an, Brighton telah tergelincir ke tingkat keempat sepakbola Inggris dan berada dalam kesulitan keuangan. Setelah secara sempit menghindari degradasi dari Football League ke Konferensi pada tahun 1997, pengambilalihan ruang dewan menyelamatkan klub dari likuidasi. Promosi berturut-turut pada tahun 2001 dan 2002 membawa Brighton kembali ke tingkat kedua, dan pada tahun 2011, klub pindah ke Stadion Falmer setelah 14 tahun tanpa tanah permanen. Pada musim 2016-17, Brighton menempati posisi kedua di Kejuaraan EFL dan dipromosikan ke Liga Premier, mengakhiri absennya 34 tahun dari divisi teratas.

1

Champion

Southern Football League

Juara (1909)

1

Champion

FA Charity Shield

Juara (1910)
Image
Image

Home

Away

Third