Timnas untuk kelompok usia di bawah 16 tahun baru-baru ini mengejutkan berita bola Timnas Indonesia. Pasalnya, skuad asuhan Fakhri Husaini dengan luar biasa mampu menjadi juara di ajang Piala AFF U-16 2018 beberapa waktu yang lalu. Saat itu semua laga dihelat di Gelora Delta Sidoarjo yang juga menjadi saksi bisu ketika Timnas U-19 menjadi juara Piala AFF U-19 pada tahun 2013. Timnas U-19 berhasil menumbangkan Vietnam melalui babak adu penalti. Pengalaman dari Evan Dimas Darmono dkk itu tampaknya menjadi motivasi lebih bagi Timnas U-16 selama berlaga.

Tidak hanya itu, dukungan yang luar biasa dari para suporter yang selalu memenuhi tribun juga menambah semangat juang Garuda Asia. Berbagai nyanyian dan garuda claps juga semakin viral ketika diberikan di setiap akhir laga. Di babak penyisihan grup, David Maulana dkk tergabung di grup A bersama Filipina, Myanmar, Vietnam, Timor Leste dan Kamboja. Luar biasanya, Garuda Asia mampu menghajar seluruh lawan dengan skor yang cukup meyakinkan. Timnas Indonesia U-16 membantai Filipina dengan 8-0, Myanmar 2-1, Vietnam 4-2, Timor Leste 3-0, dan terakhir Kamboja dengan skor 4-0. Hasil tersebut membuat berita bola Timnas Indonesia ramai dengan performa mengesankan dari para penggawa Timnas Indonesia U-16.

Di babak semifinal, anak asuh Fakhri Husaini harus berhadapan dengan Negeri Jiran Malaysia yang sebelumnya sukses menyingkirkan Indonesia di beberapa turnamen terakhir. Hal tersebut justru membuat semangat anak-anak muda Indonesia berlipat ganda. Terbukti, Timnas Indonesia U-16 sukses mengentaskan perlawanan Malaysia dengan skor 1-0. Gol semata wayang Indonesia dicetak oleh idola baru, Amirudin Bagus Kahfi melalui titik 12 pas. Hasil ini sekaligus membuat berita bola Timnas Indonesia penuh dengan kabar kelolosan Timnas Indonesia ke babak final Piala AFF U-16 2018.

Di babak final sendiri Timnas Indonesia U-16 menantang salah satu penguasa Asia Tenggara yakni Thailand. Thailand sendiri lolos ke babak final setelah sebelumnya sukses menyingkirkan Myanmar dengan skor 1-0 di babak semifinal. Laga final digelar di Gelora Delta Sidoarjo pada 11 Agustus 2018 malam. Pada menit ke-32, Indonesia membuka keunggulan melalui pemain sayap, Fajar Faturachman. Namun, Thailand sukses menyamakan skor pada babak kedua melalui Apidet Janngam di menit ke-71. Skor tersebut bertahan hingga wasit meniupkan peluit panjang dan laga harus diselesaikan melalui adu tendangan penalti. Keempat penendang Indonesia sukses melakukan tugasnya dengan baik, sementara dua tendangan pemain Thailand berhasil dimentahkan oleh kiper Indonesia, Ernando Ari Sutaryadi. Garuda Asia pun menang dengan skor 4-3 sekaligus memastikan diri sebagai juara Piala AFF U-16 2018.

Usai menjuarai turnamen tersebut, skuad asuhan Fakhri Husaini harus segera kembali mempersiapkan diri menghadapi Piala AFC U-16 yang akan digelar pada 20 September – 2 Oktober mendatang. Untuk itu, David Maulana dkk terbang ke Malaysia, Rabu (29/8/2018). Timnas U-16 berangkat lebih awal agar para pemain bisa segera beradaptasi dengan keadaan disana. Selain itu, Garuda Asia juga dijadwalkan akan menggelar tiga laga uji coba. Dua laga uji coba, Timnas U-16 akan menghadapi dua klub disana. Setelah itu, mereka akan menghadapi Oman U-16 sebagai persiapan akhir.

Di Piala AFC U-16, anak asuh Fakhri Husaini tergabung di grup C bersama Iran, India, dan juga Vietnam. Garuda Asia memiliki target bisa melaju hingga babak semifinal agar mendapatkan tiket untuk berlaga di Piala Dunia U-17 2019. Untuk mewujudkan hal tersebut, Indonesia harus berjuang keras dan memerlukan dukungan para suporter sehingga bisa kembali memeriahkan berita bola Timnas Indonesia bahkan Asia.

Tinggalkan Balasan