Simon Alexander McMenemy atau biasa dikenal dengan Simon McMenemy merupakan seorang pelatih sepak bola berkebangsaan Inggris. Karir kepelatihanya di dunia sepak bola bisa dibilang cukup bagus. Ia bahkan sempat diberi tanggung jawab untuk melatih tim nasional filipina. Sedangkan karir kepelatihanya di Indonesia adalah ia sempat melatih beberapa klub sepak bola seperti Mitra Kukar, Pelita Bandung Raya, dan saat ini ia dikontrak untuk melatih Bhayangkara FC. Karirnya pada saat melatih klub Bhayangkara FC bisa dibilang sangat memukau. Ia berhasil membawa klub Bhayangkara FC menjuarai Liga 1 Indonesia pada tahun 2017 lalu.

Pada saat ini mucul kabar bahwa Simon akan melatih timnas merah putih dan menjadi kandidat paling kuat. Kabar ini muncul dikarenakan prestasi yang dicapai Simon memang sangat bagus dalam melatih Bhayangkara FC. Dan juga dari sisi pelatih timnas merah putih yang sekarang yakni Luis Milla masih membingungkan publik terkait posisi kepelatihanya sekarang. Hal ini dikarenakan kontrak kerja Luis Milla yang memang sudah berakhir pada bulan Agustus lalu. Namun dari pihak Luis Milla masih belum memberi konfirmasi terkait perpanjangan kontrak atau tidak. Apalagi beberapa permasalahanya dengan PSSI yang sampai sekarang belum selesai. Beberapa jajaran PSSI mengusulkan untuk mengganti Luis Milla karena kegagalanya membawa timnas merah putih untuk menjadi pemenang pada ajang Asian Games 2018 lalu. Beberapa jajaran PSSI megusulkan untuk mengganti Luis Milla Lantaran dinilai tidak cocok untuk melatih timnas merah putih. Namun tak sedikit juga jajaran PSSI yang ingin Luis Milla untuk bertahan di Indonesia dan memperpanjang kontrak. PSSI juga sempat menghubungi agen Luis Milla terkait perpanjangan kontrak via email namun sampai saat ini belum ada kejelasan terkait hal tersebut. Masalah lain juga timbul dari kubu PSSI dimana PSSI dituding telah meunggak gaji dari Luis Milla dan stafnya selama 3 bulan. Gaji Luis Millla dan stafnya selama sebulan adalah 2,3 miliar rupiah dan jika dijumlahkan maka gaji yang belum dibayar oleh PSSI totalnya adalah 6,9 miliar rupiah. Masalah lain juga timbul lagi dari kubu PSSI yaitu mereka dikabarkan tidak memenuhi beberapa kewajibanya terhadap Luis Milla seperti pada saat berada di Bali pihak dari Luis Milla dan stafnya harus membayar sewa rumah yang ditempatinya selama bulan Februari hingga Agustus yang seharusnya pembayaran sewa rumah tersebut dilakukan oleh pihak PSSI.

Simon McMenemy digadang-gadang akan melatih Indonesia untuk persiapan menghadapi piala AFF 2018. Simon mengatakan bahwa ia merasa terhormat apabila bisa melatih timnas merah putih. Namun ia berkata bahwa saat ini ia hanya ingin fokus ke Bhayangkara FC saja. Manajer Bhayangkara FC yaitu AKBP Sumardji menuturkan bahwa memang ada obrolan dan diskusi dengan PSSI. Pada saat itu ia didatangi oleh orang dari pihak PSSI yang tidak disebutkan namanya. Mereka mengobrol dan berdiskusi terkait Simon. Namun AKBP Sumardji berkata bahwa itu hanyalah sebuah obrolan dan diskusi saja dan belum mengambil keputusan. AKBP Sumardji juga menegaskan bahwa semua keputusan telah ia serahkan kepada pihak PSSI. Apabila memang Simon ditunjuk untuk melatih PSSI maka ia akan menyetujuinya. Para pemain dari Bhayangkara FC juga ikut senang apabila Simon bisa melatih timnas merah putih. Namun AKBP Sumardji berpesan bahwa Simon boleh melatih timnas asalkan tidak meninggalkan Bhayangkara FC. Hal ini karena pihak Bhayangkara FC juga belum berniat untuk mencari pelatih baru.

Tinggalkan Balasan