Berita bola Timnas Indonesia kembali diisi kabar dari Timnas Indonesia U-19 yang tengah bersiap menghadapi Piala AFC U-19 2018. Ajang sepak bola terbesar di Asia untuk kelompok usia di bawah 19 tahun yang diselenggarakan oleh AFC ini akan dihelat di Indonesia. Bertanding di depan ribuan suporter yang akan datang dengan lawan-lawan yang kuat, tentu anak asuh Coach Indra Sjafri harus mempersiapkan tim dengan baik.

Demi mematangkan tim, PSSI siap mengadakan turnamen mini sebagai ajang persiapan diri bagi Timnas Indonesia U-19. Turnamen tersebut rencananya akan diisi oleh empat tim antara lain Indonesia, Thailand, dan China. Sementara untuk sisanya masih belum dapat dipastikan antara Korea Selatan atau Suriah. Hal tersebut disampaikan oleh manajer Timnas U-19, Daconi Chotob.

“Tadi saya sudah menghubungi Ibu Sekjen. Dua negara sudah pasti, yakni Thailand dan China. Satu negara lainnya antara Korea Selatan dan Suriah. Mungkin dalam satu atau dua hari ke depan semuanya sudah bisa dipastikan,” kata Daconi. Sementara untuk kapan dan di mana pelaksanaan turnamen mini tersebut dilaksanakan sudah mulai menemukan titik terang. Turnamen mini tersebut rencananya akan digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor pada 21-26 September mendatang. Sedangkan untuk formatnya sendiri akan menggunakan sistem setengah kompetisi. Hal ini tentu saja membuat berita bola Timnas Indonesia menjadi kembali ramai mengingat sejauh ini Timnas U-19 hanya beruji coba dengan klub-klub lokal.

Turnamen mini tersebut akan menjadi persiapan akhir dari skuad asuhan Indra Sjafri sebelum berlaga di Piala AFC U-19 2018. Melihat dari calon lawan di turnamen tersebut juga membuat ramai berita bola Timnas Indonesia karena memiliki kualitas yang bagus. Mulai dari Thailand yang saat ini menjadi salah satu kekuatan besar di Asia Tenggara dan mulai mampu bersaing di level Asia. Kemudian China yang juga memiliki pemain-pemain berkualitas di tingkat Asia. Ditambah dengan Korea Selatan yang merupakan salah satu negara terbaik di Asia saat ini. Jika bukan Korea Selatan, masih ada nama Suriah yang juga memiliki kekuatan menakutkan di Asia. Tiga dari calon lawan Timnas U-19 tersebut juga akan berpartisipasi di ajang Piala AFC U-19 2018. Thailand akan berada di grup B, China berada di grup C, sedangkan Korea Selatan akan bersaing di grup C. Tentu dengan diadakannya turnamen mini tersebut, para penggawa Garuda Muda bisa mematangkan kualitas individu dan dan kerja sama tim.

Piala AFC U-19 2018 sendiri Indonesia akan menjadi tuan rumah. Rencananya, Piala AFC U-19 akan digelar mulai 18 Oktober hingga 4 November 2018. Di mana Nurhidayat Haris dkk akan bertarung di grup A bersama Taiwan, Uni Emirat Arab, dan juga Qatar. Di laga pertama, Timnas Indonesia U-19 akan meladeni perlawanan Taiwan pada 18 Oktober 2018. Kemudian menghadapi Qatar 21 Oktober 2018, serta Uni Emirat Arab pada 24 Oktober 2018. Timnas Indonesia U-19 akan berjuang habis-habisan di ajang Piala AFC U-19 kali ini. Hal ini dikarenakan mereka akan bermain dihadapan ribuan suporter Indonesia yang siap mendukung pasukan Garuda berlaga. Tidak hanya itu, Nurhidayat Haris dan kolega juga ditargetkan untuk bisa lolos ke babak semifinal Piala AFC U-19 2018. Dengan masuk ke babak empat besar, anak asuh Coach Indra Sjafri akan mendapat satu tiket otomatis untuk berlaga di ajang Piala Dunia U-20 pada tahun 2019 mendatang. Jika lolos, maka Timnas U-19 mampu mewujudkan mimpi seluruh masyarakat Indonesia sekaligus siap menghebohkan berita bola Timnas Indonesia.

Tinggalkan Balasan