Sebelum kembali berlaga di Liga 1 Indonesia, Persija Jakarta terlebih dahulu memanaskan mesin dengan melakoni uji coba. Uji coba tentu sangat penting bagi tim karena tim baru saja menjalani libur kompetisi yang cukup panjang. Terbaru, tim ibukota memilih untuk menguji kekuatan tim asal Liga Super Malaysia, Selangor FA. Laga uji coba tersebut dilangsungkan di Stadion Patriot Candrabaga, Bekasi, Kamis 6 September 2018.

Dalam laga uji coba tersebut, Macan Kemayoran harus rela mengakui keunggulan tim tamu, Selangor FA. Pasalnya, tim asal Malaysia tersebut berhasil menundukkan Persija Jakarta dengan skor 1-2. Meski tampil di kandang sendiri, namun Persija Jakarta justru kesulitan menghadapi serangan-serangan dari Selangor FA. Bahkan, tim tamu berhasil mencetak gol terlebih dahulu melalui pemain bernama Sean Eugene Sevaraj. Gol tersebut mereka cetak pada menit ke-37 yang sekaligus membuat Selangor FA unggul 0-1. Namun, skor tersebut hanya bertahan sebentar karena Persija mendapatkan hadiah penalti dari wasit. Penalti tersebut didapat usai serangan-serangan yang terus digencarkan oleh anak asuh Stefano Cugurra. Marco Simic yang berperan sebagai eksekutor, mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. Penalti Simic membuat skor kembali imbang menjadi 1-1. Skor imbang tersebut menutup babak pertama.

Meski kesulitan di babak pertama, permainan Persija di babak kedua tetap sama saja. Berbagai upaya yang dilakukan juga tidak menghasilkan apapun. Bahkan, Selangor kemudian harus bermain dengan 10 pemain usai bek William Pacheco diusir wasit. Mantan pemain Persija tersebut diusir wasit dengan ganjaran kartu merah. Keunggulan jumlah pemain gagal dimanfaatkan dengan baik oleh Persija Jakarta. Tim tamu justru mampu tampil lebih baik dari tim tuan rumah. Berbagai upaya dari Selangor FA akhirnya membuahkan hasil di menit-menit akhir. Tim asal Malaysia tersebut sukses menjebol gawang Macan Kemayoran pada menit ke-89 melalui aksi Rufino. Usai gol tersebut, Persija tidak dapat melakukan apa-apa mengingat waktu yang tersisa semakin terbatas. Hingga wasit meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, Persija gagal menyamakan kedudukan. Laga pun berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan Selangor FA.

Kekalahan ini tentu cukup disayangkan mengingat Persija Jakarta sebentar lagi harus kembali berlaga di lanjutan Liga 1 Indonesia. Pelatih Persija, Stefano Cugurra Teco menilai permainan anak asuhnya justru mengendur di babak kedua, terutama soal penyelesaian akhir.

“Hari ini semua pemain yang main di babak pertama tampil bagus. Tapi di babak kedua kami kurang baik dan Selangor menang,” ujar Teco.

“Yang pasti kami belum puas, kami harus asah finishing, kami harusnya bisa cetak gol lebih dari satu. Saya pikir pemain juga tak puas kami harus perbaiki bersama,” imbuhnya. Berkaca dari laga uji coba menghadapi Selangor FA, Persija Jakarta memang harus segera berbenah agar lebih siap guna melakoni laga lanjutan Liga 1 Indonesia.

“Kami sudah lama tak main, uji coba ini bagus buat kami menjelang tanggal 12 (September). Uji coba seperti ini harus didapatkan agar saat pertandingan tak meraba lagi. Ini uji coba tapi memang kami semua serius. Ini sangat bagus agar tanggal 12 September langsung main dapat irama,” ujar Kapten Persija, Ismed Sofyan. Dalam laga lanjutan Liga 1 Indonesia nanti, Persija akan bertamu ke markas Borneo FC pada hari Rabu, 12 September mendatang.

Tinggalkan Balasan