Persib Bandung terus melakukan persiapan serius menjelang bergulirnya kembali lanjutan kompetisi Liga 1 Indonesia putaran kedua. Setelah melakukan latihan rutin, Persib Bandung juga menggelar beberapa laga uji coba demi mengembalikan sentuhan para pemain dalam pertandingan. Teranyar, anak asuh Roberto Carlos Mario Gomez menggelar dua laga uji coba menghadapi Maung Anom dan tim Porda Kota Bandung. Dua laga uji coba tersebut dilakukan sekaligus yang dibagi dalam dua tahap. Laga tersebut berlangsung pada Rabu, 5 September 2018 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api.

 

Pada laga uji coba pertama, Coach Mario Gomez menurunkan sejumlah pemain andalan seperti kiper M. Natshir, bek Bojan Malisic, gelandang Dedi Kusnandar dan Agung Mulyadi, hingga dua striker andalan Jonathan Bauman serta Ezechiel N’douassel. Hasilnya, Maung Bandung berhasil meraih kemenangan dengan skor telak lima gol tanpa balas. Gol-gol Persib Bandung dicetak oleh Jonathan Bauman pada menit ke-3, 33, dan 46. Tak ingin ketinggalan dengan duetnya, Ezechiel N’douassel juga ikut menyumbangkan satu gol pada menit ke-31. Kemudian, pesta gol Persib ditutup oleh satu gol dari pemain muda, Agung Mulyadi pada menit ke 64.

 

Sementara pada tahap kedua, Coach Mario Gomez menarik semua pemainnya dan digantikan oleh para pemain muda yang jarang mendapat kesempatan bermain seperti Bekham Putra Nugraha, Puja Abdillah, Mario Jardel, dan salah satu pemain muda andalan Persib Bandung, Henhen Herdiana. Hasilnya, Persib tetap mampu meraih kemenangan atas Maung Anom dengan skor tipis 1-0. Satu-satunya gol dari Persib Bandung dicetak oleh Wildan Ramdhani.

 

Hasil ini cukup positif bagi Persib Bandung sebelum kembali berlaga pada lanjutan Liga 1 Indonesia. Meskipun Coach Gomez tidak terlalu menyoroti hasil pertandingan, tetapi ia mengaku cukup puas anak asuhnya bisa tampil baik dan tidak kehilangan sentuhan. Setelah ini, Coach Gomez ingin agar Persib kembali melakoni satu laga uji coba kembali menghadapi salah satu kontestan Liga 1 Indonesia. Dengan harapan, ia bisa segera mengetahui kekurangan timnya dan bisa membenahi kekurangan tersebut. Selain mengembalikan sentuhan para pemain, uji coba juga diharapkan bisa melihat kondisi fisik serta teknik dari setiap pemain setelah menjalani libur yang cukup panjang.

 

“Kita masih punya waktu sekitar sepuluh hari lagi menjelang pertandingan lawan Arema. Apa yang kita buat sudah berdasarkan pada program yang sudah kita rancang sebelumnya. Tentu ini berat buat pemain, kenapa kita lakukan ini karena kita masih dalam proses physical fitness, terutama aerobic untuk meningkatkan power,” ujar Yaya Sunarya selaku pelatih fisik Maung Bandung. Ia juga mengatakan bahwa durasi latihan para pemain Persib juga akan terus ditambah. Meski berat, namun menurut Yaya para penggawa Persib Bandung tetap mampu menjalaninya dengan enjoy. Mereka juga tetap mampu melaksanakan setiap instruksi para pelatih dengan baik.

 

“Ya, ini bukan menjadi suatu tes, tapi menjadi suatu alat untuk melihat perkembangan pemain terutama dari aspek teknik dan taktik. Karena coach selalu memberikan setelah tiga hari kemarin kita kontinyu latihan fisikal, coach langsung mengubah latihan fisikalnya dengan sentuhan dan taktik melalui game uji coba. Ini menjadi suatu keharusan, karena coach telah buat program untuk melihat sejauh mana tujuan kita sampai di game internal di hari Sabtu kemarin, dan di hari Rabu ini apa yang kita harus follow up,” imbuhnya. Ia juga menilai bahwa para pemain telah menunjukkan pencapaian yang cukup baik dan berharap bisa terus ditingkatkan. Pada lanjutan Liga 1 Indonesia 2018, Persib akan menghadapi Arema FC pada 13 September 2018.