Nathan Ariel Muskitta Berpeluang Mengawali Kiprah Pemain Indonesia Yang Bermain Di Liga Inggris

Liga Inggris hingga kini masih disebut – sebut sebagai liga sepakbola terbaik di seluruh dunia. Liga di negara tersebut memang dikenal memiliki persaingan yang ketat sekaligus menjadi tempat berkumpulnya pemain dan manajer terbaik dari seluruh dunia. Sayang hingga kini belum ada pemain indonesia yang bermain di Liga Inggris baik itu di Liga Premier ataupun divisi di bawahnya.

Nathan Ariel Muskitta Berpeluang Gabung West Ham United

Nathan Ariel Muskitta west ham united

Nathan Ariel Muskitta saat berlatih bersama west ham united

Seorang Nathan Ariel Muskitta merupakan pemain sepakbola muda yang memiliki dua kewarganegaraan; yaitu Indonesia dan Australia. Nathan terlahir di Jakarta; namun kemudian dibawa hijrah ke benua kanguru sejak berumur 6 bulan oleh kedua orang tuanya. Lahir pada tanggal 13 Agustus 1999; Nathan sempat mengikuti seleksi tim nasional U-19 pada bulan April 2017 lalu. Nathan menjadi salah satu pemain muda bersama dengan 14 pemain muda lain yang khusus datang dari luar negeri untuk mengikuti seleksi. Sayang pada waktu itu ia gagal lolos seleksi sehingga tidak dapat membela skuad Garuda muda.

Pemain dengan posisi gelandang serang tersebut berpotensi menjadi pemain Indonesia yang bermain di Liga Inggris setelah menjalani trial di klub asal kota London West Ham United. Ia menjadi salah satu pemain muda Indonesia yang berpeluang merasakan atmosfer sepakbola negara Inggris setelah sebelumnya kebanyakan pemain keturunan Indonesia dibesarkan di klub sepakbola negeri Belanda.

Nathan Memiliki Modal Bersaing Di Eropa

Nathan Ariel Muskitta bakat indonesia asal bintaro

Nathan Ariel Muskitta di West Ham asal Bintaro

Dengan postur tinggi 184 cm; Nathan sebenarnya memiliki bekal cukup ideal untuk bersaing dengan pemain – pemain Eropa. Bekal tersebut membuat peluang Nathan menjadi pemain Indonesia yang bermain di Liga Inggris untuk pertama kalinya cukup terbuka. Seorang Nathan Ariel Muskitta sempat mencatat prestasi individu yang menonjol selama bermain sepakbola di negara Australia. Ia sempat memperoleh penghargaan Golden Boot NSW State Championship Coff Harbour (2011), Golden Boot at Combined Independent Schools State Team (2011), Golden Boot at NSW Futsal Premier League (2011) dan Golden Boot at MVP Kanga Cup Canberra (2009).

Melacak Pemain Berkualitas Dengan Darah Indonesia Di Liga Sepakbola Eropa

Meski hingga kini belum ada pemain Indonesia yang bermain di Liga Inggris baik itu di divisi utama maupun divisi di bawahnya; namun ada beberapa pemain muda berdarah Indonesia yang kini berlaga di kasta tertinggi liga sepakbola negara Eropa. Mereka dapat menjadi pemain berikutnya yang sukses dinaturalisasi mengikuti jejak Stefano Lilipaly dan Ezra Walian.

Navarone Foor Dari Vitesse Arnhem

Navarone Foor menjadi pemain senior yang berpeluang besar dinaturalisasi oleh Indonesia. Pemain tengah tersebut kini bermain untuk klub Vitesse Arnhem di Eredivisie Belanda. Foor belum pernah memperkuat tim nasional negara manapun di level senior sehingga peluangnya untuk dinaturalisasi sangat terbuka. Gelandang 26 tahun tersebut tercatat telah bermain sebanyak 22 kali untuk Vitesse Arnhem dengan 19 di antaranya bermain sebagai pemain starter.

Mark van der Maarel Dari FC Utrech

Pemain senior lain yang berpotensi dinaturalisasi oleh tim nasional Indonesia adalah seorang Mark van der Maarel. Pemain belakang tersebut kini berstatus sebagai pemain FC Utrech Liga Belanda. Mengingat ia telah memasuki usia 28 tahun dan belum pernah dipanggil untuk memperkuat tim nasional senior Belanda; maka ada peluang besar untuk merekrutnya sebagai pemain naturalisasi untuk tim nasional Indonesia.

Mark van der Maarel Sempat Menolak Bergabung Dengan Timnas Indonesia

Meski sempat menolak memperkuat tim nasional Indonesia; namun peluang tersebut bisa saja kembali terbuka seiring bertambahnya usia dan berkurangnya peran Mark van der Maarel di klub. Seorang Mark van der Maarel yang dapat bermain sebagai bek tengah atau bek kanan terbilang cukup senior di FC Utrech. Ia telah tercatat bermain di 211 pertandingan bagi tim senior FC Uthrech sejak tahun 2009 lalu dan telah mencetak 7 gol.

Tinggalkan Balasan