Nasib Mourinho tampaknya sedang di ujung tanduk. Tentu rentetan kekalahan dalam beberapa laga terakhir yang menjadi pemicunya. Mou juga dianggap gagal mengelola para pemainnya yang terbukti dengan perselisihan dia dengan pemain seperti Pogba. Kekalahan di pekan ketujuh melawan Westham United semakin memperburuk keadaan.

Dengan situasi seperti tersebut di atas, tentu saja tekanan akan terus datang. Di social media bahkan langsung muncul petisi agar Mou segera dikeluarkan dari United. Kalah telak dengan skor 3-1 tentu saja bukan hal biasa bagi MU. Total United sudah kalah tiga kali dari tujuh pertandingan Liga Inggris. Kondisi ini membuat United harus rela ada di peringkat 10 klasemen sementara.

MU mengalami start terburuk sejak 1989-1990. Bila kondisi carut marut MU masih saja dibiarkan tentu saja akan berbahaya bagi skuad United karena musim masih panjang. Pergantian manajer tampaknya perlu dilakukan karena hal ini untuk kemajuan United sendiri. Tidak saja laju di BPL yang terancam tapi juga di liga Champions bila United masih bermain buruk seperti ini.

MU baru saja disingkirkan oleh Derby County di piala Liga. Pertandingan dihelat dikandang sendiri padahal.  Setelah itu, MU harus gigit jari karena puas dengan rangan kosong setelah dihempaskan oleh Westham padaha sang lawan sedang tidak dalam kondisi terbaik.

Rio Ferdinand yang merupakan mantan pemain andalan MU mengatakan situasi United saat ini sangat rumit. Sudah tidak ada lagi saling percaya antara pemain dan manajer. Ruang ganti menjadi sangat tidak kondusif sehingga perlu ada perubahan. Manajemen United dikabarkan akan membahas tentang nasib Mou pekan depan.

Akan diputuskan apakah Mourinho akan tetap menangani MU atau United akan mencari manajer baru yang pas. Belum ada kepastian tapi setidaknya memang itu yang harus dilakukan oleh Manchester United. Satu kendala bila memecat Mou adalah pesangonnya yang besar. Tentu United tida boleh menakutkan hal itu karena kondisi tim di sisa musim ini yang lebih penting.

Keadaan United yang tidak bagus seperti ini sebenarnya sudah muncul sejak awal musim. United tidak bagus dalam urusan transfer pemain karena tidak bisa mendatangkan beberapa pemain bagus. Hal ini kemudian yang memunculkan kritik Mou terhadap manajemen United. Hanya Fred saja yang bisa didatangkan ditambah dengan pemain muda Diago Dolot.

Di era Mou, United sebenarnya sudah mengeluarkan uang besar untuk mendatangkan banyak pemain top seperti Pogba. Tapi sejauh ini MU hanya bisa mendapatkan gelar piala liga Inggris dan juga juara liga Eropa. Juara liga belum didapatkan dan tidak bagus lajunya di Champions adalah bukti United belum berhasil dengan investasi besarnya.

Kini langkah tegas harus diambil karena keadaan United akan terus memburuk. Terlihat sekali United bermain dengan beban dan tidak ada keceriaan di atas lapangan. Metode Mou yang kuno dalam menangani pemain dianggap sebagai salah satu pemicunya.  Selain itu, Mou juga kerap menggunakan tak tik bertahan di atas lapangan hijau.

Akankah Mou dipecat pekan depan ? Tentu saja itu masih menjadi misteri. Bila United berhasil tampil bagus di liga Champions dan juga di laga lainnya, tentu bisa saja Mou bertahan sampai akhir musim. Semua kemungkinan masi bisa terjadi. Jadi patut kita nantikan apa keputusan United terkait nasib pelatih asal Spanyol itu yang kini memasuki musim ketiganya melatih United.