Saat ini, berita bola Timnas Indonesia akan kembali ramai dengan persiapan Timnas Indonesia menghadapi dua laga uji coba internasional pada bulan September bulan Oktober ini. Timnas Senior Indonesia dijadwalkan akan melakoni dua laga uji coba melawan Mauritius dan Myanmar. Dua laga uji coba tersebut merupakan rangkaian persiapan dari Timnas Senior sebelum turun di Piala AFF 2018. Piala AFF sendiri rencananya akan digelar pada bulan November hingga Desember tahun 2018.

Lawan pertama Timnas Senior Indonesia adalah Timnas Mauritius yang merupakan salah satu negara di Benua Afrika. Nama Timnas Mauritius sendiri tampaknya masih terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia. Berbeda dengan Timnas Myanmar yang berada di wilayah Asia Tenggara dan sudah sering bertanding menghadapi Timnas Indonesia. Sebelum berita bola Timnas Indonesia ramai dengan pertandingan uji coba menghadapi Timnas Mauritius, ada baiknya kita mengintip sedikit bagaimana profil dari calon lawan Timnas Garuda ini.

Mauritius merupakan salah satu negara yang berada di Benua Afrika. Hal ini membuat Mauritius masuk ke dalam lingkup Konfederasi Sepak Bola Afrika atau yang biasa disebut sebagai CAF. Dari segi wilayah, Mauritius hanya memiliki luas wilayah 2.040 kilometer persegi. Luas tersebut terbentuk dari dua pulau yang terletak di dekat Pulau Madagaskar.

Setelah membahas mengenai profil geografis dari Mauritius, kini kita akan menguak seperti apa prestasi Mauritius di dunia persepakbolaan internasional. Dari segi prestasi sendiri, Timnas Mauritius belum bisa menghebohkan berita bola Timnas Indonesia. Hal ini tentu wajar karena prestasi Timnas Mauritius tergolong biasa-biasa saja. Timnas Mauritius kini berada di peringkat ke 181 dunia. Peringkat tersebut terpaut jauh dari Timnas Indonesia yang berada di posisi ke 165 dunia. Bahkan, Timnas Mauritius sendiri belum pernah masuk ke dalam posisi 100 besar dunia. Tercatat, Timnas Mauritius memiliki posisi terbaik dunia yakni di urutan 112. Prestasi tersebut mereka catatkan pada Desember 1992. Sementara posisi terendah yang mereka catatkan adalah pada peringkat ke 203 dunia. Peringkat tersebut mereka dapatkan pada November 2012. Dalam tiga kali uji coba menghapi tiga negara yang memiliki kekuatan besar di Benua Afrika, Timnas Mauritius harus rela dibantai oleh Mesir, Senegal, dan Republik Seychelles. Timnas Mauritius menelan kekalahan telak dengan skor 7-0 pada tiga laga uji coba tersebut.

Terbaru, Timnas Mauritius menelan harus mengakui keunggulan dari Angola dengan skor 1-0. Selain itu, mereka juga dibantai oleh Botswana dengan skor telak 6-0 pada laga uji coba terakhir mereka. Sementara pada bulan September ini, Timnas Mauritius akan terbang ke Asia Tenggara untuk menghadapi Singapura dan Indonesia. Laga melawan Singapura akan mereka lakoni pada Jumat, 7 September 2018, besok. Setelah itu, mereka akan menantang Timnas Merah Putih pada Selasa, 11 September 2018. Laga uji coba menghadapi Timnas Indonesia tersebut akan dilangsungkan di Stadion Patriot Candrabaga, Bekasi.

Meski prestasi Timnas Mauritius tergolong tidak terlalu mencolok, namun Timnas Indonesia tidak boleh meremehkan Timnas Mauritius. Pasalnya, laga menghadapi Timnas Mauritius merupakan salah satu persiapan Timnas Garuda jelang berlaga di Piala AFF 2018. Untuk itu, Timnas Indonesia harus benar-benar memanfaatkan setiap kesempatan uji coba yang ada. Selain itu, kita juga berharap agar laga uji coba yang dilakoni Timnas Indonesia ini bisa masuk ke dalam kalender FIFA. Sehingga, Timnas Indonesia bisa memperbaiki peringkat di FIFA. Hal yang mengejutkan berita bola Timnas Indonesia adalah Pasukan Garuda akan dipimpin oleh pelatih sementara yakni Danurwindo dan Bima Sakti.

Tinggalkan Balasan