Manchester United tampaknya sedang menjalani pekan yang tidak menyenangkan. betapa tidak ? MU dibantai oleh Westham United dengan skor 3-1 di laga tandang pekan ketujuh liga Primer. Tentu saja itu merupakan kekalahan memalukan United sehingga posisi anak asuh Mou kini hanya ada di peringkat 10 klasemen.

Di piala Liga, United juga dikalahkan oleh tim divisi dua Derby County. Sayangnya United bermain dikandang sendiri dan beberapa pamain inti diturunkan. Tentu saja kekalahan beruntun dan juga hasil imbang melawan Wolverhampton di Old Traford menjadi pertandan bahwa United sedang ada dalam masalah besar.

Mourinho dikabarkan sedang retak hubungannya dengan Pogba. Beberapa pemain juga dikabarkan sedang tak betah dilatih Mourino karena sering menjadi korban rotasi pemain. Sebut saja Rashford dan Martial yang dikabarkan ingin hengkang dari skuad Manchester United.

Kondisi ini tentu saja membuat kondisi manajer Mourinho semakin buruk saja. Para fans bahkan sudah membuat sebuah petisi yang menginginkan Mourinho untuk dipecat saja dari United. Beberapa pundit sepak bola juga mengatakan Mou tidak pas untuk Manchester Merah karena gaya melatihnya tida pas dengan cetak biru yang telah ditetapkan.

Apalagi beberapa pengamat menyatakan Mou tidak punya sikap yang bagus menangani masalah tim. Tentu saja itu benar adanya. Ketidakpercayaan pemain terhadap apa yang dikatakan pelatih adalah hal yang sangat vital. Ruang ganti yang tidak harmonis juga menjadi penyebab mengapa United tampil tak konsisten.

Sebenarnya MU sempat bagus setelah menang dari Burnley, United juga berhasil menang atas Watford dan Young Boys di liga Champions. Tapi setelah kemenangan terakihr di liga Champions, Mou kemudian tidak bisa membawa United tampil bagus. Imbang dari Wolverhampton lalu terdepak dari piala Liga dan yang terakhir kalah dari Westham sudah menjadi bukti bahwa Mourinho sedang bermasalah melatih Manchester United.

Kondisi yang dialami United saat ini bahkan dianggap sebagai laju terburuk MU di 29 tahun terakhir. Tentu perlu ada perbaikan di banyak aspek. Mourinho kabarnya akan dievalusi pekan depan oleh manajemen klub. Belum pasti apakah manajer ini akan tetap meltih Pogba Cs atau akan hengkang tapi bisa dipastikan uang besar harus dikeluarkan United untuk memecat seorang Mourinho.

Sudah bukan rahasia lagi semenjak kedatangan Mou, United sudah keluar banyak uang. Beberapa pemain kaliber dunia datang ke United. Pogba, Sanchez dan Fred adalah tiga nama besar yang dibeli United dengan harga yang sangat mahal.  Namun hasilnya jauh dari memuaskan. Belum ada satu pun juara liga Inggris didapatkan oleh Mourinho.

Musim memang masih sangat panjang. United masih bisa berbenah. Entah yang diperlukan kekompakan atau pergantian manajer. Yang pasti bila kondisi buruk United tetap dibiarkan tidak tertangani tentu saja dampaknya adalah performa inkonsisten di masa yang akan datang. MU bisa gagal finish di empat besar yang artinya tidak akan berlaga di Champions musim depan.

Hanya manajemen MU yang harus bersikap tegas atas kondisi yang ada. Bila Mourinho memang menjadi sumber kekacauan, tentu saja semua tidak boleh dibiarkan. Manajer asal Portugal itu harus dipecat dan MU harus menemukan sosok baru yang bisa membawa United bangkit kembali.   Tentu tidak mudah menemukan yang terbaik karena memang menemukan sosok yang pas untuk menangani The Reds Devil amat tidak mudah.