Manchester City musim ini tampil amat impresif. Belum sekalipun tim asuhan Guardiola ini kalah. City hanya imbang dua kali sampai pekan kedelapan yang artinya sudah menang sebanyak 6 kali. Tentu saja ini merupakan sebuah pencapaian istimewa.

Pada musim lalu, Manchester City berhasil menjuarai BPL dengan 100 poin. Itu adalah kemenangan dengan rekor poin tertinggi selama Liga Inggris berguli.  Musim lalu, sebanyak 32 kemenangan diraih oleh anak asuh Guardiola dari total 38 pekan. Dan hanya dua kali saja kalah. Tentu terlihat sekali Manhcester City mendominasi selama liga Inggris berlangsung di tahun lalu.  Musim lalu, 106 gol terlah tercipta yang mengiringi kemenangan City mejadi juara BPL. Hebatnya  City juga menjadi tim yang kebobolan paling sedikit di musim lalu.

Kini Manchester City dianggap akan bisa membuat rekor baru atas pencapaiannya tahun lalu.   Di delapan laga pertama saja musim ini, City sudah mendapatkan 20 poin sementara musim lalu hanya 19 poin. Peluang yang diciptakan pun lebih banyak 20 persen dibandingkan musim sebelumnya.

Untuk percobaan, sampai pekan kedelapan Citu sudah membuat rata rata 20 percobaan. Musim lalu, City hanya bisa membuat 17 percobaan.  Pencapaian di atas bisa didapatkan tanpa hadirnya De Bruyne yang masih cedera.  Musim ini Manchester City sudah mencetak 21 gol, merupakan yang terbanyak di BPL. Anak asuh Guadiola baru kemasukan tiga gol saja. ini artinya City tidak hanya bagus di depan tapi juga di balakang.

Nah, pertanyaannya adalah apakah Manchester City akan bisa tampil konsisten seperti musim lalu ? Tentu saja City harus bisa karena bila tidak, Liverpool dan Chelsea siap menelikung semua capaian bagus anak asuh Guardiola.  Manchester City memang tidak kehilangan pemain inti di musim ini. Silva, Sane, Sterling, De Bruyne dan pemain inti lainnya masih bermain untuk Manchester City. Bahkan City bisa mendatangkan pemain bagus yaitu Mahrez dengan harga mahal.

Persaingan Liga Inggris kian ketat saja. pemuncak klasemen terus saja bergantian. City saat ini masih ada di puncak klasemen, sama poin dengan Chelsea tapi unggul seligih gol lebih banyak. Liverpool ada di posisi ketiga dengan poin yang sama namun kurang agresif dibandingkan City.

Perjalanan tentu saja masih jauh. Manchester City masih harus membuktikan mereka dapat tampil konsisten di sepanjang musim ini. di Liga Champions pun, Manchester City harus bisa bagus karena musim lalu gagal di perempat final.  Musim ini, City udah kalah sekali di fase grup Champions. Tentu saja bila bermain buruk lagi, anak asuh Guardiola bisa saja tersingkir lebih awal.

Punya skuad yang dihuni oleh pemain kelas dunia dan kedalaman skuad yang bagus, tampaknya tidak sulit bagi Manchester city untuk mempertahankan gelar juara. Namun tim rival sedang melakukan perubahan tentu saja. Lihat saja Liverpool yang belanja besar di awal musim untuk mendatangkan beberapa pemain bagus.  Chelsea juga mendatangkan pelatih baru dan beberapa pemain The Blues tetap bertahan.

Jangan juga lupakan Arsenal yang kedatangan pelatih baru Emery. Sudah menang di empat laga BPL, Arsenal kembali ke posisi empat besar. Spurs pun mulai tampil konsisten. Hanya MU saja yang masih tampil buruk dan ada di posisi kedelapan klasemen sementara.  Tentu peluang juara masi terbuka bukan saja untuk City tapi juga bagi para rival yang siap menampilkan kekuatan terbaik.