Baru-baru ini berita bola Timnas Indonesia dipanaskan dengan kabar bahwa pelatih Timnas U23, Luis Milla, tidak diperpanjang kontraknya oleh PSSI. Namun, kabar tersebut hanya berlangsung beberapa hari. Pasalnya, PSSI telah memutuskan untuk tetap memakai jasa pelatih asal Spanyol tersebut.

“Kami tadi hasil rapat Exco memutuskan bahwa Coach Luis Milla tetap dipercayakan untuk menukangi timnas senior di Piala AFF 2018,” kata Edy Rahmayadi usai menggelar rapat Komite Eksekutif pada Selasa Sore. Tidak hanya itu, PSSI juga akan memberikan kontrak selama satu tahun kepada Luis Milla. Hal ini tentu menjadi angin segar kepada masyarakat pecinta bola Indonesia terkait masa depan Luis Milla.

Kegagalan Timnas U23 dalam mencapai target yang dicanangkan oleh PSSI di ajang Asian Games 2018 memang membuat masa depan Luis Milla tidak jelas. Apalagi, sebelumnya Luis Milla juga gagal meraih medali emas saat memimpin Timnas U22 berlaga di Sea Games 2017. Hal ini yang membuat ramai berita bola Timnas Indonesia baik di media elektronik maupun media sosial. Meski begitu, banyak dari pendukung Timnas Garuda yang berharap Luis Milla tetap menduduki kursi kepelatihan Timnas. Sayangnya, berita bola Timnas Indonesia kembali dibuat ramai ketika terdengar kabar bahwa Luis Milla belum menanggapi sodoran perpanjangan kontrak dari PSSI. Sampai saat ini, belum ada kabar lanjutan mengenai hal tersebut. Hal ini membuat suporter Timnas kembali was-was dengan masa depan dari Luis Milla. Diketahui, pelatih asal Spanyol tersebut sedang pulang ke negeri Matador usai Timnas U23 tersingkir dari ajang Asian Games 2018.

“Saya mau kembali ke Spanyol karena masih marah pada laga hari ini. Sebab, anak-anak sudah bermain dengan baik tetapi wasit malam ini tidak kompeten,” katanya pada jumpa pers usai anak asuhannya tersingkir di babak 16 besar Asian Games 2018. Pada laga itu, Garuda Muda bermain 2-2 dengan Uni Emirat Arab. Wasit beberapa kali memberikan keputusan kontroversial yang merugikan Timnas U23. Termasuk hadiah penalti yang diberikan kepada Uni Emirat Arab U23. Laga kemudian dilanjutkan ke babak extra time hingga adu penalti yang berakhir 3-4 untuk keunggulan Uni Emirat Arab di Stadion Wibawa Mukti, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (24/8/2018). Milla juga tutup mulut mengenai masa depannya bersama Tim Merah Putih mengingat kontraknya akan berakhir usai gelaran Asian Games 2018.

Berita bola Timnas Indonesia juga diramaikan mengenai masyarakat pecinta bola Indonesia yang berharap penuh kepada mantan pelatih Timnas U21 Spanyol tersebut. Apalagi Timnas Senior juga harus segera terbentuk mengingat akan ada ajang terbesar di Asia Tenggara yaitu Piala AFF 2018. Tentu masyarakat berharap Luis Milla mampu membawa Timnas Indonesia menjuarai ajang tersebut untuk pertama kali dalam sejarah sekaligus menghilangkan predikat raja runner-up. Dengan perpaduan skuad Timnas U23 dengan beberapa pemain senior diharapkan mampu menciptakan kekuatan garuda yang mampu bersaing dengan Thailand, Vietnam, dan musuh bebuyutan yakni Malaysia. Meski gagal memenuhi beberapa target yang diharapkan oleh PSSI, tetapi kemampuan Luis Milla dalam meracik skuad Timnas U23 tidak boleh dianggap remeh. Bagaimana tidak, Milla mampu memberikan warna baru dalam permainan Garuda Muda. Hal itu juga disampaikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi.

“Racikan sudah bagus, konsolidasi tim kelihatan, dukungan suporter luar biasa. Kepercayaan publik kepada sepak bola kita meningkat, cluster sudah naik. Karenanya, lanjutkan timnya. Sudah kelihatan racikannya, maka tim ini harus di lanjutkan,” kata Menpora Imam Nahrawi.

 

 

Tinggalkan Balasan