Liverpool dianggap sebagai salah satu kandidat juara BPL musim ini. Tentu saja hal itu sangat masuk akal karena anak asuh KLopp sudah menyapu bersih empat laga liga Inggris sehingga saat ini mampu memuncaki klasemen. Bahkan Liverpool mampu menang tiga kali beruntun dengan catatan Clean Sheet.  Tentu saja bila mampu tampil konsisten di sepanjang musim, The Reds bisa saja mendapatkan juara yang sudah lama tidak didapat oleh anak asuh Klopp.

Manchester United sudah menyalip Liverpool sebagai peraih trofi terbanyak liga Inggris. Motivasi untuk menjadi juara tentu saja harus terus dipupuk sehingga bisa mewujudkan kenyataan sebagai tim yang paling banyak mendapatkan gelar Liga Inggris. Neville yang merupakan mantan pemain MU menanggap Liverpool kini sebagai tim yang fantastis. Mane, Salah dan Firmino di lini depan dianggap sebagai yang terbaik di Liga Inggris. Tapi semua pemain itu akan tak tampil maksimal bila meman terus difotsir untuk bermain.

Seharusnya Klopp bisa membagi fokus. Membuat prioritas seharusnya mulai dilakukan agar Liverpool bisa memenangi Liga Inggris. Neville beranggapan Liverpool selalu kendur di Liga bila sedang fokus di Champions. Seperti musim lalu, Liverpool berhasil menapak ke final tapi di penghujung Liga, Liverpool tak berdaya karena harus menelan banyak kekalahan dan hasil imbang. Dampaknya, Liverpool harus puas ada di posisi ketiga.

Sebenarnya musim ini, Klopp sudah merekrut beberapa pemain bagus seperti Fabinho, Keita dan Alisson. Kehadiran tiga pemain itu tentu saja bisa membuat Liverpool semakin kuat. Terbukti baru empat laga Liverpool sudah bisa menyapu bersih semua pertandingan.

Dengan main di beberapa kompetisi, tentu saja The Reds bisa kehabisan tenaga. Hal ini yang kemudian menyebabkan kehilangan fokus untuk mendapatkan beberapa trofi. Skuad Liverpool kini sudah cukup dalam.  Dengan kondisi seperti ini, Liverpool akan bisa memiliki lebih banyak opsi agar bisa menang di banyak laga.

Saran dari Neville adalah Liverpool terus bermain bagus di Liga dengan mengesampingkan Champions. Dengan cara itu, pemain tidak akan kelelahan. Tidak seperti musim lalu, di Champions gagal dan di liga juga bisa terbilang gagal sehingga The Reds tidak mendapatkan satu pun trofi bergengsi.  Liverpool dianggap sebagai pesaing utama untuk mendapatan gelar BPL musim ini. Neville yakin bila Klopp bisa memaksimalkan timnya, trofi bergengsi hanya tinggal tunggu waktu saja.

Bukan sebuah jaminan Liverpool bisa mendapatkan banyak gelar musim ini karena sudah banyak mengeluarkan uang untuk belanja pemain. Chelsea dan City akan menjadi pesaing berat. Terutama Manchester City yang punya skuad serupa dengan musim lalu ditambah dengan kehadiran Mahrez dari Leicester.  Chelsea pun melakukan perubahan karena mendatangkan Sarri dan Jorginho dari Napoli.

Bila saja anak asuh Klopp bisa mendapatkan gelar musim ini, tentu saja itu akan jadi klimaks untuk masa kepelatihan Klopp di Liverpool.  Gelar Champions tentu saja dibidik. Selain itu BPL juga menjadi target juara anak anak Anfield.  Tentu patut dinantikan apakah nasehat dari Neville itu akan benar adanya atau apakah Klopp akan bisa membuat skala prioritas yang benar. Yang pasti Liverpool kini sudah menjadi tim yang beda. The Reds sudah siap menang di berbagai kompetisi yang diikuti. Tapi bukan perkara mudah mewujudkannya sebab persaingan yang ada sangat ketat dan juga rumit mengingat pemain top dunia terebar di banyak pesaing Liverpool.

Tinggalkan Balasan