Laga yang akan datang ini rupanya mempertemukan tim yang mempunyai posisi klasemen di papan klasemen liga 1 senior yang cukup jauh yakni si hitam jingga julukan bagi Perseru Serui yang bertindak sebagai tim tamu yang akan bertanding melawan laskar macan kemayoran atau yang biasa dijuluki laskar macan kemayoran yang kali ini bertindak sebagai tim tuan rumah. Laga kali ini akan di gelar di Stadion pilihan dari laskar macan kemayoran yakni di Stadion Patriot, Bekasi karena memang laskar macan kemayoran ini merupakan salah satu klub besar di Indonesia yang tidak memiliki lapangan bola sendiri atau bisa dibilang satu-satunya klub. Laga ini akan dilaksanakan pada hari Senin tanggal 8 Oktober 2018.

Berperan sebagai tim tuan rumah sudah pasti membawa banyak dampak positif dan berbagai keberuntungan dari laskar macan kemayoran sendiri. Mereka tak perlu menguras banyak tenaga untuk menuju ke Stadion tersebut lantaran jaraknya yang cukup dekat dengan Kota Jakarta. Lain halnya dengan si hitam jingga yang mau tidak mau harus menempuh perjalanan yang cukup jauh mengingat keberadaan mereka di Papua dan bukan tidak mungkin bisa menguras banyak tenaga dari para pemainya. Si hitam jingga ini juga merupakan klub sepak bola kedua dari Papua setelah Persipura yang berhasil bermain ke kompetisi liga 1 senior ini setelah Persiram Raja Ampat harus mengalam degradasi pada kompetisi liga 1 musim yang lalu.

Keuntungan lain yang didapat oleh pihak laskar macan kemayoran adalah karena mereka bertanding dekat dengan Kota Jakarta sudah pasti mereka akan ditonton oleh para penontonya secara langsung mengingat para jak mania merupakan salah satu suporter terbesar di liga 1 senior dan merupakan salah satu suporter paling setia dan paling loyal kepada timnya. Namun sayangnya para jak mania ini kerap ikut dalam aksi anarkis dan kericuhan antar suporter pada saat pertandingan. Apalagi mereka memiliki salah satu rival suporter dari klub lain di liga 1 senior ini yakni bobotoh dari Persib Bandung yang juga merupakan salah satu suporter besar dan loyal yang ada di liga 1 senior.

Pertandingan kali ini merupakan pertandingan yang cukup penting baik dari kubu laskar macan kemayoran maupun dari kubu si hitam jingga jika dilihat dari posisi papan klasemen kedua tim tersebut pada liga 1 senior musim ini. Kedua tim ini rupanya memiliki perbedaan posisi yang cukup jauh di papan klasemen liga 1 dimana laskar macan kemayoran berada di posisi ke 5 dan si hitam jingga berada di posisi bawah klasemen tepatnya pada posisi ke 17 dan masuk ke dalam zona degradasi. Dari kubu laskar macan kemayoran laga ini cukup penting mengingat perolehan poin mereka memiliki kesama dengan 3 tim lainya yakni Barito, Madura, dan Bhayangkara. Jika mereka menang mereka bisa saja berada di posisi ke 3 menggeser Bali.

Dari pihak si hitam jingga laga ini sudah pasti laga yang amat penting jika melihat posisi mereka di papan klasemen liga 1 senior. Mereka menempati posisi ke 18 dan dengan perolehan nilai sebesar 24 poin dan sama dengan PSMS medan yang berada tepat di bawahnya sebagai juru kunci papan klasemen liga 1 senior. Kemenangan merupakan hal penting bagi si hitam jingga ini karena jika mereka menang pada laga kali ini dan berhasil meraih 3 poin maka mereka bisa berada di posisi ke 16 menggeser PSIS dengan perolehan poin sebesar 27 poin.