Pertandingan kompetisi liga 1 kali ini mempertemukan antara 2 raksasa klub yang sama-sama bertengger di papan atas klasemen liga 1 senior. 2 klub ini adalah Persib Bandung atau yang biasa dijuluki laskar maung bandung yang kali ini bertindak sebagai tim tuan rumah dan akan bertanding melawan Madura United atau yang biasa dijuluki laska sapeh kerrab. Dan pada laga yang akan datang ini di gelar di Stadion Batakan, Balikpapan pada hari Selasa tanggal 9 Oktober 2018. Dan pada saat ini laskar maung bandung merupakan klub yang sedang bertengger di posisi teratas papan klasemen liga 1 senior yakni di posisi pertama sedangkan lawan bertandingnya yakni laskar sapeh kerrab berada di posisi ke enam.

Meskipun bermain sebagai tim tuan rumah, laskar maung bandung rupanya kali ini sedang diterpa angin buruk lantaran klub ini telah dikenai sanksi oleh pihak PSSI. Laskar maung bandung dikenai sanksi karena tragedi pengeroyokan yang dilakukan oleh para bobotoh terhadap seorang jak mania hingga tewas dan pihak PSSI menilai panitia penyelenggara pada hari dimana tragedi pengeroyokan tersebut terjadi dianggap lalai karena tragedi tersebut terjadi sebelum pertandingan hari itu dimulai. Dan bukan hanya itu saja pada saat pertandingan antara Persib Bandung dan Persija Jakarta rupanya banyak sekali terjadi pelanggaran dan kekerasan dalam pertandingan. Tercatat ada sekitar 40 pelanggaran yang dilakukan oleh kedua tim pada saat pertandingan berlangsung.

Karena mendapat sanksi dari pihak PSSI, laskar maung bandung terpaksa harus bermain di Stadion Batakan, Balikpapan dan bukanya di stadion miliknya sendiri yakni Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Hal ini karena pihak PSSI memberikan sanksi kepada laskar maung bandung berupa hukuman larangan bermain laga home di stadion miliknya sendiri dan harus bermain di luar Pulau Jawa tepatnya di Kalimantan hingga kompetisi liga 1 musim ini selesai. Bukan itu saja pihak PSSI juga memberikan hukuman bagi pihak suporter persib yakni larangan menonton pertandingan secara langsung sampai setengah musim 2019. Meskipun mendapat hukuman dan sanksi yang sangat banyak dari pihak PSSI, laskar maung bandung akan tetap optimis untuk meraih kemenangan pada laga kali ini.

Dan jika dilihat dari papan klasemen liga 1 senior laskar maung bandung merupakan klub dengan posisi teratas pada papan klasemen liga 1 senior ini yakni berada di peringkat pertama. Hal ini juga yang membuat laskar maung bandung harus menang melawan laskar sapeh kerrab untuk mempertahankan posisi pertamanya di papan klasemen. Laskar maung bandung tercatat memperoleh poin sebesar 44 poin selama 23 pertandingan yang mereka jalani. Hasil ini merupakan hasil yang sangat bagus karena memang dari dulu laskar maung bandung memang merupakan salah satu klub terbaik yang ada di liga 1 senior.

Dari pihak laskar sapeh kerrab atas hukuman yang diberikan oleh PSSI terhadap laskar maung bandung tentunya menjadi angin segar bagi laskar sapeh kerrab. Karena hal ini merupakan kesempatan yang amat bagus untuk meraih kemenangan karena laskar maung bandung harus bertanding di luar kandang dan tanpa didukung suporternya. Dan dari kubu laskar sapeh kerrab sekarang berada di posisi ke 6 dalam papan klasemen liga 1 senior. Laskar sapeh kerrab tercatat sudah mengumpulkan poin sebesar 36 poin selama 23 pertandinganya. Dan jika pada laga kali ini menang mereka bisa naik ke peringkat ke 4 di papan klasemen.