Setelah dicabutnya pembekuan liga 1 senior yang dilakukan oleh pihak PSSI terkait tragedi pengeroyokan yang dilakukan oleh para bobotoh terhadap salah satu jak mania, kompetisi liga 1 senior pun akhirnya dimulai kembali pada hari Jumat tanggal 5 Oktober. Laga perdana liga 1 senior ini akan mempertemukan laskar joko tingkir yakni Persela Lamongan dengan laskar mahesa jenar yakni PSIS Semarang. Laga kali ini akan di gelar di markas laskar joko tingkir yakni di Stadion Surajaya Lamongan dan dilaksanakan pada pukul 18.30. Waktu dari laga ini sebenarnya sempat diundur dimana seharusnya laga tersebut dimulai pada pukul 15.30 WIB dan kali ini menjadi pukul 18.30 WIB.

Bermain di kandang sendiri tentu menjadi salah satu keuntungan yang dimiliki tim tuan rumah yakni laskar joko tingkir. Tim ini terkenal karena stadion yang dimiliki dikenal cukup angker bagi para lawan yang akan bertanding denganya. Pasalnya dari semua laga yang dilakoni oleh laskar joko tingkir pada kompetisi liga 1 senior ini hingga saat ini belum pernah kalah di kandangnya sendiri. Dan jika dilihat dari segi suporter tim laskar joko tingkir ini dikenal memiliki suporter yang sangat loyal dan setia kepada timnya. Namun meskipun demikian mereka sangat jarang terlibat aksi anarkis dan aksi kericuhan yang ada pada saat pertandingan. Hal inilah yang mungkin bisa menjadi penyemangat bagi laskar joko tingkir agar bermain bagus dikandang untuk membanggakan para suporternya.

Dan juga karena bermain di kandang, tim laskar joko tingkir juga harus bermain sangat bagus agar bisa memenangkan pertandingan kali ini agar tim laskar mahesa jenar tak mampu mencuri skor pada laga kali ini dan juga agar Stadion Surajaya tetap terjaga keangkeranya. Namun sayangnya kabar buruk harus datang kepada tim laskar joko tingkir pada laga kali ini lantaran salah satu pemain andalan coach Aji Santoso harus absen pada laga kali ini. Pemain tersebut ialah Diego Assis yang mengalami cedera pada saat laga Persela Lamongan Vs PSMS Medan pekan lalu. Diego Assis mengalami keretakan pada tulang rahangnya dan 2 titik tulang kelopak matanya yang membuatnya harus melakukan operasi. Namun coach Aji mengatakan bahwa ia sudah mempersiapkan pemain pengganti Diego Assis sementara yang kemampuanya juga tak kalah dari Diego Assis yakni Gian Zola.

Dari kubu tim laskar mahesa jenar rupanya bertekad untuk mencuri poin pada laga kali ini. Mereka juga mengatakan bahwa tim laskar joko tingkir merupakan salah satu tim yang cukup kuat pada liga 1 senior ini apalagi rekor tak terkalahkan di kandang yang dimilikinya yang bisa menyulitkan para pemain laskar mahesa jenar. Namun jika ditinjau dari laga sebelumnya yang dilakukan laskar mahesa jenar mereka juga memiliki rekor permainan yang cukup bagus mellihat mereka merupakan tim baru yang bergabung di liga 1 senior. Mereka meraih kemenangan 3-2 saat menjamu PSMS Medan dan juga 4-2 saat menjamu Perseru Serui namun mereka sempat dikalahkan oleh Persija Jakarta dengan skor tipis 1-0. Coach Jafri juga mengatakan kepada para pemainya agar lebih fokus pada pertandingan kali ini mengingat tim laskar joko tingkir merupakan tim yang kuat di kandang. Ia juga menambahkan bahwa kondisi para pemain dari laskar mahesa jenar cukup bagus. Laskar mahesa jenar bertekad menang pada laga kali ini karena posisi mereka pada klasemen liga 1 hampir mendekati zona degradasi.