Laga kali ini merupakan salah satu laga uji coba yang dilakukan oleh timnas merah putih U 19 dimana uji coba ini sudah berada pada level interasional. Laga uji coba yang akan datang ini dimaksudkan untuk menjajal performa para pemain kedua tim sebagai persiapan akhir untuk melaksanakan kompetsisi AFC U 19 yang akan dimulai pada tanggal 18 Oktober 2018. Laga uji coba kali ini akan di gelar di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang pada hari Rabu tanggal 10 Oktober 2018.

Laga uji coba kali ini merupakan laga uji coba ketiga yang telah dilakukan oleh para pemain timnas garuda muda. Sebelumnya para punggawa timnas garuda muda telah melakukan serangkaian pertandingan uji coba melawan timnas China dan juga melawan timnas Thailand. Dan pada saat laga uji coba melawan timnas China mereka mengalami kekalahan dengan skor telak 3 gol tanpa balas dan pada saat melawan timnas Thailand mereka hanya meraih hasil imbang.

Menurut penuturan yang dikatakan oleh pelatih dari timnas garuda muda yakni coach Indra Sjafri laga uji coba melawan timnas Arab Saudi ini merupakan laga yang menjadi ujian sesungguhnya jelang kompetisi AFC U 19 mengingat timnas Arab Saudi merupakan salah satu negara dengan kualitas sepak bola yang cukup baik bahkan sudah masuk ke level piala dunia. Dan juga laga uji coba ini digunakan oleh coach Indra Sjafri untuk mengetes 23 pemain yang nantinya akan digunakan untuk kompetisi AFC U 19.

Sayangnya pada laga kali ini timnas garuda muda tak diperkuat oleh salah satu pemain terbaik yang dimiliki bahkan sekarang ia sudah di kontrak oleh klub dari luar negeri. Pemain tersebut adalah Egy Maulana Vikri. Egy Maulana Vikri saat ini sudah menjalani kontrak dengan klub Lechia Gdansk salah satu klub dari liga Polandia. Walaupun saat ini Egy Maulana Vikri sudah berada di Indonesia dan sudah bergabung bersama teman-temanya ia harus melakukan latihan secara terpisah karena terlihat kelelahan setelah perjalanan yang ia tempuh dari Polandia ke Indonesia.

Bermain di kandang sendiri menjadi salah satu keuntungan yang dimiliki oleh para punggawa timnas garuda muda. Tentunya karena bermain di kandang sendiri mereka akan berusaha semaksimal mungkin untuk meraih kemenangan dan sudah pasti pada laga kali ini mereka akan didukung secara langsung oleh para suporter sehingga hal itu bisa menjadi penyemangat tersendiri bagi para punggawa timnas garuda muda.

Dan keuntungan lain yang didapat karena bermain di kandang sendiri adalah mereka tak perlu menempuh perjalanan yang jauh hanya untuk sampai ke Stadion tempat mereka bertanding. Hal ini tentu menjadi salah satu keuntungan bagi para punggawa timnas garuda muda karena selain mereka bisa menghemat waktu mereka juga bisa menjaga kesehatan dan stamina mereka agar tak terlalu kelelahan pada saat pertandingan nanti.

Dari kubu lawan yakni timnas Arab Saudi bermain di kandang lawan sudah pasti menjadi salah satu tantangan tersendiri baginya. Selain itu mereka juga mungkin saja tak mendapat dukungan secara langsung dari para suporternya mengingat jarak antara Indonesia dan Arab dan lumayan jauh. Dan juga karena jarak ini mereka harus bisa menjaga stamina mereka agar tak kelelahan saat pertandingan. Namun dari pihak timnas Arab ini memiliki keuntungan dari segi fisik yakni postur tubuh. Postur tubuh dari pemain Arab bisa dibilang lebih besar dari pemain timnas garuda muda.