Ander Herrera mulai kehilangan tempatnya di Manchester United. Pemain ini sempat bagus di musim pertamanya dan ikut mempersembahkan beberapa gelar untuk United. Ia menjadi bagian pasukan MU saat memenangi gelar Liga Eropa dua musim yang lalu. Saat ini Herrera sudah berusia 29 tahun.  Dan kontrak sang pemain akan habis usim depan.

Bila tidak mendapatkan penawarkan kontrak baru, bisa saja Herrera akan pindah ke Bilbao yang merupakan klub sebelum ia pindaha ke MU.  Herrera pindah ke MU pada musim 2014/2015.  Ia dibeli United dengan harga 37 juta Euro.  Musim ini, Herrera amat jarang bermain padahal musim lalu  ia masih lumayan banyak punya jam bermain.

Kedatangan beberapa pemain seperti Matic, Pogba dan Fred membuat kesempatan bermain Herrera semakin kecil saja. Belum lagi lulusan akademi MU McTominay lebih sering dipilih oleh Mou sehingga semakin sulit saja pemain asal Spanyol ini mendapat jam bermain di lapangan hijau.

Herrera sebenarnya punya kemampuan sebagai gelandang bertahan yang baik. Ia sempat bagus ditandemkan dengan pemain tengah MU. Entah mengapa perlahan namun pasti Herrera semakin sulit saja menembus line up MU padahal ia punya kemampuan passing yang amat spesial.

Di musim pertama bermain untuk MU, Herrera bermain sebanyak 26 kali. Dan sang pemain mampu mencetak 6 gol.  Sedangkan di musim ini baru 69 menit Herrera bermain padahal musim sudah berjalan tiga bulan. Pemain ini sebenarnya sempat diincar oleh Barcelona dan tim besar Eropa lainnya. Namun ia masih tetap ada di United dalam bebera musim sampai saat ini.

Sampai sejauh ini sudah 112 penampilan dibuat Herrera untuk United. Tentu saja pemain ini ingin mendapatkan kepastian perpanjangan kontrak. Dan tentu saja ia ingin memberi kontribusi lebih untuk klub. Tapi  bila memang MU tidak lagi memperpanjang kontrak Herrera maka musim depan ia akan kembali ke klub yang membesarkannya.

Sebelum membela Bilbao, Herrera sempat bermain untuk Real Zaragoza. Bakatnya kemudian dilihat oleh Bilbao yang kemudian membeli sang pemain. MU pun kepincut dengan skil olah bola Herrera sehingga memutuskan untuk mendapatkan jasanya.

MU sendiri saat ini sedang tak mulus. Permasalahan internal masih saja menjadi problema United. Tentu saja MU tidak bisa terus begini. Menang secara konsisten harus ditunjukkan olan anak asuh Mou. Herrera pun seharusnya dilibatkan oleh Mourinho agar bisa memberi United penampilan yang lebih bagus di atas lapangan hijau.  MU baru saja menang lagi setelah di empat laga tidak pernah menang. MU bahkan sudah tidak lagi bermain di piala Liga Inggris setelah dikalahkan oleh Derby County lewat adu pinalti di kandang sendiri.

Tidak bisa dipungkiri setiap pemain pasti ingin bermain lebih. Herrera pun demikian tapi memang persaingan di United amat sengit. Banyak pemain bagus yang ada di kubu Setan Merah. Bila tidak bisa menunjukkan permainan yang bagus tentu saja setiap pemain  bisa digantian oleh pemain lainnya. Herrera tampaknya dinilai kurang memuaskan dan karena itu pemain lain yang mendapatkan kesempatan lebih banyak.

Musim tak pelak masih panjang. Bisa saja Mou menunjuk Herrera sebagai line up utama MU. Meskipun sulit karena persaingan yang ketat di kubu Setan Merah. Yang terpenting sekarang Herrera harus menunjukkan permainan terbaik saat ia dipercaya turun di lapangan hijau. Bila tidak tentu saja amat sulit merebut hati Mou karena masih banyak pemain kelas dunia lainnya di kubu United.