Pertandingan kompetisi liga 1 kali ini mempertemukan 2 tim yang memiliki posisi di papan klasemen liga 1 senior tak terlalu jauh. Laga kali ini mempertemukan antara Persipura Jayapura atau yang kerap dijuluki laskar mutiara hitam yang kali ini bertindak sebagai tim tamu dan bertanding melawan laskar pesut etam yakni Borneo Fc yang kali ini bertindak sebagai tim tuan rumah. Laga kali ini di gelar di markas dari laskar pesut etam yakni di Stadion Segiri, Samarinda tepatnya pada hari Senin tanggal 8 Oktober 2018. Dan pada laga kali ini laskar pesut etam berhasil mendapat poin penuh dan membuat laskar mutiara hitam harus pulang tanpa membawa apa-apa.

Posisi kedua tim ini di papan klasemen liga 1 senior bisa dibilang cukup dekat. Bahan seusai pertandingan ini kedua tim tersebut hanya memiliki selisih 2 poin saja. Oleh karena itu pertandingan ini bisa dibilang cukup penting baik bagi laskar pesut etam maupun bagi laskar mutiara hitam. Dari kubu laskar pesut etam pertandingan ini amat penting dan harus dimenangkan lantaran pada pertandingan ini mereka menjalani laga tersebut di kandang mereka sendiri. Dan mau tidak mau mereka harus berusaha keras dan semaksimal mungkin. Karena sudah pasti mereka ditonton oleh para suporternya secara langsung sehingga jika kalah maka mereka akan mengecewakan para suporternya.

Dan pada saat ini posisi dari laskar pesut etam ini setelah pertandingan berada di posisi ke 8 dimana lawan tandingnya yakni laskar mutiara hitam berada 1 tingkat di bawahnya. Dan saati ini laskar pesut etam telah memperoleh poin sebesar 35 poin. Mereka mendapat tambahan 3 poin seteleh menang pada laga kali ini. Namun meskipun menang posisi mereka di papan klasemen bisa dibilang masih bisa membahyakan karena mereka hampir mendeketi posisi bawah klasemen. Dan hal lainya adalah pertandingan liga 1 ini belum usai dan masih banyak lagi sisa-sisa pertandingan yang ada dan bukan tidak mungkin suatu saat mereka bisa saja tergeser ke posisi lebih bawah.

Dan dari kubu laskar mutiara hitam laga ini juga penting bagi mereka karena posisi mereka di papan klasemen liga 1 senior ini berada di posisi bawah namun untungnya masih masuk jajaran 10 besar. Tapi memang bermain di kandang lawan memang merupakan suatu tantangan tersendiri bagi suatu klub. Bukan hanya masalah suasana saja tapi juga perjalanan yang ditempuh bisa saja sangat jauh dan menguras cukup banyak tenaga dari para pemain. Padahal laskar mutiara hitam merupakan salah satu tim yang bagus di liga 1. Bahkan pada musim-musim sebelumnya mereka mampu berada di posisi runner up dan menjuarai liga ini.

Pada babak pertama tim laskar pesut etam terlihat lebih mendominasi dan mampu memegang kendali jalanya permainan. Mereka terus melancarkan serangan yang cukup membahayakan lini pertahanan lasar mutiara hitam. Namun meskit terus melancarkan serangan, hingga babak pertama usai tak ada 1 gol pun yang tercipta dan skor pun tetap 0-0. Dan pada babak kedua kebuntuan gol tersebut akhirnya pecah. Laskar pesut etam yang bertindak sebagai tuan rumah mampu mencetak gol dimenit ke 58 lewat Matias Conti. Dan pada menit ke 61 laskar pesut etam mampu menggandakan golnya lagi lewat matias melalui titik putih. Laskar mutiara hitam hanya mampu mencetak 1 gol di menit ke 68 lewat Addison Alves. Skor 2-1 pun bertahan hingga laga usai.