Beberapa hari terakhir berita bola Timnas Indonesia kembali dihebohkan dengan kabar dari Luis Milla. Berdasarkan kabar yang beredar, PSSI masih belum melunasi gaji Luis Milla. Bahkan, gaji pelatih asal Spanyol tersebut diperkirakan telah menuggak selama tiga bulan. Sedangkan gaji Luis Milla sendiri berada di kisaran Rp 2 miliar perbulan. Artimya, jika PSSI belum membayar gaji Luis Milla selama tiga bulan, maka PSSI memiliki hutang sebesar Rp 6 miliar kepada Luis Milla.

Hal ini tentu sangat mengejutkan, apalagi hal tersebut tampaknya berhubungan dengan masa depan Luis Milla bersama Timnas Indonesia. Kontrak Luis Milla sendiri memang dikabarkan hanya sampai ajang Asian Games 2018 saja. Di mana PSSI memberikan target kepada Luis Milla untuk bisa membawa Garuda Muda melaju hingga babak semifinal Asian Games 2018. Namun, Luis Milla bersama anak asuhnya gagal memenuhi target tersebut. Timnas U-23 hanya mampu bertahan hingga babak 16 besar saja. Saat itu, Hansamu Yama Pranata dan kolega disingkirkan oleh Uni Emirat Arab. Meski sempat menahan Uni Emirat Arab dengan skor 2-2, namun Gaurda Muda akhirnya menyerah setelah kalah adu penalti dari Uni Emirat Arab dengan skor 3-4.

Kegagalan tersebut sempat membuat berita bola Timnas Indonesia menjadi ramai dengan isu pemecatan Luis Milla. Apalagi setelah tersingkir di babak 16 besar, Luis Milla memutuskan untuk kembali ke negara asalnya, Spanyol. Di tengah panasnya isu tersebut, PSSI kemudian membuat sebuah pernyataan bahwa mereka akan mempertahankan Luis Milla. Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi usai melakukan rapat bersama Exco PSSI. Edy bahkan menyebut bahwa Luis Milla akan diperpanjang kontraknya hingga satu tahun ke depan.

Pernyataan tersebut sempat membuat berita bola Timnas Indonesia kembali heboh karena PSSI membuat keputusan sesuai dengan keinginan masyarakat. Masyarakat pecinta sepak bola Indonesia sendiri memang sangat berharap jika mantan Pelatih Timnas Spanyol U-21 tersebut tetap menukangi Hansamu Yama Pranata dkk. Meski gagal memenuhi target di Sea Games 2017 dan Asian Games 2018, namun masyarakat mengaku puas dengan kinerja Luis Milla selama ini. Menurut mereka, Luis Milla mampu menghadirkan permainan yang cocok dengan karakter pemain tanah air. Tak hanya masyarakat, banyak juga pemain dan pengamat sepak bola Indonesia yang yakin terhadap Luis Milla. Mereka menilai Luis Milla adalah pelatih yang disiplin dan mampu mengembangkan kemampuan para pemain serta menerapkan filosofi sepak bola Indonesia.

Mengenai masa depan Luis Milla, PSSI sebenarnya telah memastikan bahwa Luis Milla akan segera datang ke tanah air pada 7 September, hari ini. Kedatangan Luis Milla sendiri bertujuan untuk membahas lebih lanjut mengenai penawaran kontrak yang diberikan oleh PSSI. Namun, berita bola Timnas Indonesia justru dibuat heboh dengan kabar bahwa PSSI masih belum melunasi gaji dari Luis Milla selama tiga bulan atau sekitar Rp 6 miliar. Anggota Komite Eksekutif (Exco) bidang Hukum PSSI, Gusti Randa bahkan tidak menampik isu tersebut. Ia mengatakan bahwa gaji mantan pemain Real Madrid tersebut memang belum bisa dilunasi oleh PSSI karena sedang kehabisan budget.

“Sebenarnya bukan urusan kami. Namun, persoalan ini karena tidak adanya budget lagi dari PSSI untuk membayar Milla selama tiga bulan,” ungkap Gusti. Hal ini tentu sangat disayangkan, mengingat PSSI sebelumnya berencana untuk memperpanjang kontrak Milla selama satu tahun mendatang.

Tinggalkan Balasan