Laga yang terjadi antara timnas garuda muda dengan timnas Australia ini akan terjadi pada hari Senin tanggal 1 Oktober 2018 dan digelar di Stadion  Bukit Jalil, Malaysia. Pada laga kali ini merupakan laga kedua dimana timnas garuda muda dan timnas Australia bertemu. Sebelumnya mereka pernah bertemu pada kontes piala AFF U 15 dimana timnas garuda muda ditaklukan secara telak oleh timnas Australia dengan skor 7-3. Pertemuan kali ini juga merupakan ajang balas dendam oleh timnas garuda muda atas kekalahan tersebut. Timnas garuda muda berhasil melaju ke perempat final setelah bertanding dengan timnas India dengan skor 0-0 sedangkan timnas Australia merupakan runner up dari grup D dan berada 1 level dibawah timnas Korea Selatan.

Anak asuh dari coach Fakhri ini rupanya memiliki hasrat yang amat besar untuk memenagkan laga perempat final kali ini lantaran jika timnas garuda muda berhasil menang pada laga kali ini maka mereka berhak untuk ikut serta sebagai salah satu peserta dari piala dunia U 17 yang akan dilaksanakan di Peru. Hal ini merupakan rekor baru bagi timnas garuda muda apabila berhasil membawa tim kebanggaanya melaju ke jenjang piala dunia di Peru. Menurut penuturan yang dikatakan oleh coach Fakhri kondisi dari para pemain timnas garuda muda menjelang laga dengan timnas Australia sangat prima. Hal ini bisa dilihat ketika mereka berlatih di lapangan Sime Darby FC, Bukit Jelutong. Mereka telah melaksanakan semua menu latihan yang diberikan oleh coach Fakhri seperti pemulihan fisik, stamina, persiapan taktik dan juga latihan tendangan dari titik putih.

Selain fakta diatas tadi tentu saja masih banyak fakta menarik lainya jelang pertandingan antara timnas garuda muda dengan timnas Australia. Hal ini mengingat kedua tim sama-sama memiliki sejarah pada kontes kali ini. Dan juga laga kali merupakan laga krusial bagi timnas garuda muda lantaran laga kali ini merupakan laga penentu bagi timnas garuda muda. Apabila mereka menang pada laga kali ini maka sudah pasti mereka akan mendapat satu kursi pada ajang piala dunia U 17 di Peru. Dan bagi Australia laga ini juga merupakan laga yang berharga bagi mereka lantaran pada saat berada di fase grup rekor mereka cukup buruk waktu itu. Pada laga pertama yang mereka lakukan mereka harus menelan pil pahit lantaran dikalahkan oleh timnas Korea Selatan dengan 3 gol tanpa balas.

Dan jika melihat dari sejarah laga kali merupakan laga berharga untuk timnas garuda muda lantaran timnas garuda muda membutuhkan waktu selama 28 tahun hanya untuk bisa memasukkan namanya pada pertandingan perempat final.  Dan terakhir kali timnas garuda muda menyentuh babak perempat final pada tahum 1990. Dan pada saat berada di fase grup timnas garuda muda mendapat rekor yang sangat bagus yakni tak pernah sekalipun terkalahkan pada saat berada di fase grup. Coach Fakhri dan timnya sukses bertengger di puncak klasemen dari fase grup setelah mengalahkan timnas Iran dengan skor 2-0, menuai hasil seri 0-0 dengan timnas India dan juga menuai hasil seri dengan timnas Vietnam 1-1.

Dan dari kubu timnas Australia pada saat di fase grup meskipun mereka mencetak gol lumayan banyak yakni dengan 6 gol ternyata mereka juga kebobolan lumayan banyak. Mereka mengalami kebobolan sebanyak 4 gol dari 3 laga yang mereka lakoni.