Timnas Indonesia saat ini telah berada di Malaysia untuk menyiapkan diri guna menghadapi Piala AFC U-16. Skuad asuhan Fakhri Husaini telah berangkat ke Kuala Lumpur pada 29 Agustus 2018 lalu. Keberangkatan Garuda Asia ini sebenarnya memang terlalu awal. Bukan tanpa alasan, hal ini dimaksudkan agar para pemain dapat segera beradaptasi dengan cuaca dan lingkungan di Malaysia.

Usai beberapa waktu lalu membuat heboh berita bola Timnas Indonesia dengan prestasi menjuarai Piala AFF U-16, anak asuh Coach Fakhri Husaini harus sudah bersiap diri menghadapi tantangan yang lebih berat di ajang Piala AFC U-16 Malaysia. Turnamen sepak bola remaja tersebut akan bergulir mulai dari 20 September sampai 7 Oktober 2018. David Maulana dkk saat ini tengah menjalani pemusatan latihan di Malaysia sekaligus melakukan tiga kali uji coba. Uji coba pertama telah dilakukan pada Jumat, 31 Agustus 2018 lalu. Saat itu, Garuda Asia berhasil meraih kemenangan meyakinkan kontra Sime Derby FC U-17. Timnas U-16 mampu meraih kemenangan dengan skor 4-0.

Selama menjalani pemusatan latihan di Malaysia, Coach Fakhri Husaini mengimbau agar para pemainnya bisa menjaga sikap. Mantan pelatih PKT Bontang itu tidak ingin para penggawa Timnas U-16 melakukan kesalahan yang sama seperti yang dilakukan oleh pemain Timnas Malaysia U-16. Pemain yang dimaksud adalah Amirul Ashrafiq Hanifah yang sempat membuat geger berita bola Timnas Indonesia beberapa waktu yang lalu. Saat itu, Amirul membuat instastory di akun Instagram pribadi miliknya yang menunjukkan bendera Indonesia terbalik. Hal ini tentu saja membuat heboh berita bola Timnas Indonesia, sekaligus membuat para netizen Indonesia menjadi geram.

Hanya dalam beberapa menit, berita bola Timnas Indonesia langsung ramai dan netizen Indonesia langsung bersatu dan menyerang akun Instagram milik Amirul Ashrafiq. Beberapa hari setelah itu, pemain muda Malaysia tersebut langsung meminta maaf kepada seluruh rakyat Indonesia atas ulahnya yang tidak pantas. Hal inilah yang dimaksud oleh Coach Fakhri Husaini, bahwa anak asuhnya tidak boleh membuat kontroversi serupa.

“Mari kita tunjukkan bahwa kami bisa menjadi tamu yang bermartabat, santun, sanggup menjaga sikap dan perilaku selama di Malaysia. Saya juga berharap dukungan dan doa dari masyarakat sepak bola di Indonesia ataupun mereka yang berada di Malaysia,” kata Fakhri mengutip dari laman resmi PSSI, Selasa (4/9/2018).

Hal ini dimaksudkan agar tidak muncul lagi kontroversi yang bisa membuat ramai berita bola Timnas Indonesia dan mancanegara. Sehingga, para pemain dapat bisa fokus menjalani pertandingan sekaligus meraih prestasi tertinggi di ajang Piala AFC U-16 Malaysia.

Pada ajang Piala AFC U-16 nanti, David Maulana dkk tergabung dalam grup C yang diisi oleh Iran, India, dan juga Vietnam. Iran akan menjadi lawan pertama Timnas Indonesia U-16 di babak penyisihan grup C. Laga tersebut akan dimainkan di Stadion Bukit Jalil pada Jumat, 21 September 2018 mulai pukul 15.30 WIB. Setelah itu, Garuda Asia akan menghadapi tantangan dari India dan Vietnam di dua laga selanjutnya. Di Piala AFC U-16 nanti, Coach Fakhri Husaini mendapat beban untuk bisa membawa Garuda Asia melaju hingga babak empat besar turnamen. Sehingga, Indonesia bisa mendapat tiket otomatis untuk berlaga di ajang Piala Dunia U-17 yang akan diselenggarakan di Peru pada tahun 2019 mendatang. Untuk itu, mari kita bantu para pemuda Indonesia dengan doa dan dukungan agar mampu mengumandangkan Indonesia Raya di pentas dunia.

Tinggalkan Balasan