Beberapa waktu lalu, Timnas Indonesia U-16 mampu membuat heboh berita bola Timnas Indonesia usai menobatkan diri menjadi juara Piala AFF U-16. Gelar tersebut mereka pastikan usai berhasil mengalahkan Thailand di babak final. Setelah bermain dengan skor sama kuat 1-1, laga pun dilanjutkan melalui babak adu penalti yang kemudian berakhir dengan kemenangan bagi skuad asuhan Coach Fakhri Husaini. Usai menjadi juara Piala AFF U-16, Timnas Indonesia U-16 saat ini sudah berada di Malaysia untuk mempersiapkan diri sebelum berlaga di Piala AFC U-16. Di sana, Coach Fakhri mengaku iri dengan kualitas dari fasilitas olahraga Malaysia yang lebih maju daripada di tanah air.

Setelah berangkat pada 29 Agustus lalu, anak asuh Coach Fakhri Husaini memang dijadwalkan untuk melakukan pemusatan latihan di Malaysia. Timnas U-16 memang berangkat lebih awal demi bisa beradaptasi dengan lingkungan di sana sejak jauh-jauh hari. Hal ini sangat penting agar para pemain bisa segera terbiasa dengan atmosfer di Malaysia. Selain berlatih, Timnas Indonesia U-16 juga akan melakukan tiga laga uji coba. Di uji coba pertama lalu, Coach Fakhri Husaini mengaku terkejut dengan fasilitas latihan tim lokal di Malaysia. Hal itu diungkapkan oleh mantan pelatih PKT Bontang tersebut sebelum melakoni laga uji coba melawan Sime Derby U-17. Ia mengunggah video tentang bagaimana suasana lapangan di sana lengkap dengan caption yang mengejutkan berita bola Timnas Indonesia.

“Laga uji coba timnas U-16 vs Sime Derby FC U-17 dilakukan di sini, Stadion Sime Derby,” tulis Coach Fakhri.

“Kapan ya kita bisa punya lapangan seperti ini untuk fasilitas latihan bagi timnas? Sudah merdeka 73 tahun, sudah dipimpin oleh 7 presiden, timnas masih belum punya fasilitas latihan milik sendiri,” kritik Coach Fakhri Husaini.

Hal tersebut tentu menjadi kritikan kepada para petinggi PSSI agar kedepannya lebih memerhatikan fasilitas bagi para pemain Timnas di berbagai kelompok usia. Fasilitas yang memadai dengan program yang tepat, diharapkan mampu meningkatkan prestasi Timnas. Apalagi tidak hanya kali ini saja ada kritikan yang pernah meramaikan berita bola Timnas Indonesia. Sebelumnya, para pemain Indonesia yang berkarier di Malaysia dan Thailand juga mengaku bahwa fasilitas di sana memang sudah di atas kita. Jadi, sudah sepatutnya PSSI lebih serius dalam menyikapi masalah fasilitas demi kenyamanan para pemain dan pelatih.

Sementara mengenai laga uji coba yang dilakukan oleh Timnas Indonesia U-16 sendiri sejauh ini cukup mampu menghebohkan berita bola Timnas Indonesia. Pada uji coba pertama, Garuda Asia mampu mengalahkan Sime Derby U-17 dengan skor 4-0. Kemudian, Mereka juga kembali meraih kemenangan di laga uji coba kedua melawan Felda U-17 dengan skor telak 5-0. Meski meraih kemenangan besar, hal ini belum bisa mejadi tolak ukur kekuatan Timnas karena kedua lawannya merupakan tim lokal Malaysia. David Maulana dkk baru akan menghadapi ujian sesungguhnya ketika beruji coba menantang Timnas Oman U-16 pada 12 September mendatang. Uji coba menghadapi Oman juga akan menjadi persiapan akhir Garuda Asia sebelum berlaga di Piala AFC U-16 Malaysia.

Di Piala AFC U-16 nanti, skuad asuhan Coach Fakhri Husaini akan bertarung menghadapi Iran, India, dan juga Vietnam. Laga pertama Timnas U-16 adalah menghadapi Iran pada Jumat, 21 September 2018 di Bukit Jalil. Timnas U-16 juga ditargetkan mampu melaju jauh hingga babak semifinal Piala AFC U-16 agar mendapat tiket otomatis untuk lolos ke ajang Piala Dunia U-17 2019 di Peru.

Tinggalkan Balasan