Setelah berbagai isu mengenai masa depan pelatih Timnas U23, Luis Milla, kini berita bola Timnas Indonesia juga diramaikan dengan kabar dari Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia yang membentuk Tim Nasional untuk kelompok umur di bawah 15 tahun. Pembentukan tim tersebut tentu membutuhkan seorang juru taktik yang berkompeten. PSSI pun akhirnya menunjuk Bima Sakti sebagai pelatih Timnas U-15. Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, bahwa Bima Sakti tidak akan lagi mendampingi Luis Milla di kursi kepelatihan Timnas Indonesia U23 dan senior.

Penunjukan Bima Sakti Tukiman bukan tanpa alasan, Edy Rahmayadi berharap Bima Sakti bisa menerapkan ilmu yang ia dapat selama mendampingi Luis Milla di Timnas U23 dan senior. Dengan bekal tersebutlah PSSI yakin legenda Timnas Indonesia ini bisa mengembangkan potensi anak-anak dibawah usia 15 tahun sekaligus meraih berbagai prestasi di ajang internasional. Dalam pembentukan sekaligus penunjukan Bima Sakti sebagai pelatih Timnas U15 yang berlangsung di Jakarta dalam rapat Committee Executive (Exco), Edy Rahmayadi juga menegaskan bahwa Bima Sakti akan mendampingi Timnas U-15 yang akan bertanding di beberapa turnamen ke depan. Selain itu, pembentukan Timnas U-15 ini juga dipersiapkan guna mengantisipasi berjenjangnya pembinaan sepak bola di Indonesia.

“Terbentuk satu timnas Indonesia usia U-15 yang akan dinahkodai coach Bima Sakti. Ada turnamen ke depan yang disiapkan utuk mengantisipasi pembinaan sepak bola di Indonesia,” ujar Edy Rahmayadi yang juga terpilih sebagai Gubernur Sumatera Utara beberapa waktu yang lalu.

“Bima Sakti ditunjuk karena kami perlu pelatih lisensi A untuk bina usia muda. Nanti kami ambil coach yang pantas untuk Luis Milla dan dibicarakan dengan Exco. Nominasi sudah ada, tapi tidak baik kalau diberitahukan,” tambah Edy Rahmayadi ketika disinggung mengenai pengganti posisi Bima Sakti sebagai asisten pelatih yang akan mendampingi Luis Milla di timnas senior.

Luis Milla sendiri saat ini masih belum menanggapi sodoran perpanjangan kontrak untuk mengisi posisi pelatih Timnas Indonesia. Usai gagal mencapai target mencapai babak semifinal di Asian Games 2018, pelatih asal Spanyol tersebut memutuskan untuk pulang ke Spanyol. Luis Milla menganggap anak asuhannya sudah bermain dengan baik, namun Timnas U23 merasa dicurangi oleh berbagai keputusan wasit. Terutama untuk dua penalti yang didapat oleh Uni Emirat Arab dimana wasit menganggap Andi Setyo Nugroho dan Hansamu Yama Pranata melanggar pemain lawan di dalam kotak penalti. Beruntung Indonesia memiliki Alberto Goncalves dan Stefano Lilipaly yang mampu mencetak masing-masing satu gol hingga menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Laga kemudian dilanjutkan ke babak extra time namun angka masih tidak berubah. Akhirnya, laga harus ditentukan melalui babak adu penalti yang berakhir dengan kemenangan Uni Emirat Arab dengan skor 3-4. Indonesia pun harus rela tersingkir lebih awal di babak 16 besar Asian Games 2018.

Biodata Bima Sakti :

Nama : Bima Sakti Tukiman

Tempat tanggal lahir : Balikpapan, Kalimantan Timur, 23 Januari 1976 (42 tahun)

Tinggi : 176 cm

Posisi saat masih bermain : Gelandang

Karir Bermain : PKT Bontang, Pelita Jaya, PSM Makassar, PSPS Pekanbaru, Persiba Balikpapan, Persema Malang, Persepar Palangkaraya, Mitra Kukar, Gresik United, Persiba Balikpapan.

Bima Sakti telah menemani Luis Milla sejak perhelatan Sea Games Kuala Lumpur 2017 hingga Asian Games 2018 yang digelar di Jakarta.

 

Tinggalkan Balasan