Skuat juara bertahan Liga Inggris musim 2017 Manchester City hingga pekan ke 4 musim ini masih tercecer di posisi 3 besar. Tim asuhan Pep Guardiola tersebut berada di bawahLiverpool dan Chelsea yang pada pekan ke 4 kemarin sama-sama berhasil mengalahkan lawan-lawannya. Liverpool yang diasuh oleh Klopp berhasil menumbangkan perlawanan sengit Leicester City dengan skor tipis 2 – 1. Sementara itu di kubu London Biru Chelsea berhasil sukses menaklukkan Bournemouth dengan skor 2 – 0.

Dengan hasil tersebut membuat kedua tim ini merangsak naik ke posisi puncak klasemen. Chelsea dan Liverpool sama-sama berhasil mengoleksi 12 poin sebagai hasil sempurna dari 4 laga yang telah mereka lalui. Kembali ke kubu Manchester Biru, tim yang berhasil menjuarai Liga Inggris musim2016/2017 tersebut masih tertahan di posisi 3 klasemen sementara. Hasil tersebut didapatkan setelah Manchester City meraih 3 kemanangan dan 1 hasil imbang. Dengan hasil tersebut membuat The Citizen hanya mampu mengoleksi 10 poin terpaut 2 poin dari Chelsea dan Liverpool yang ada di puncak klasemen.

Walaupun demikian sang pemilik klub Sheikh Mansour mengungkapkan bahwa The Citizen baru mulai berkompetisi musim ini. Sejak diambil alih oleh Sheikh Mansour Manchester City memang mengalami grafik permainan yang terus menanjak. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan berhasilnya Manchester City memenangi gelar bergengsi di tanah Ratu Elizabeth tersebut. Beberapa gelar yang berhasil diraih selama 10 tahun terakhir di bawah kekuasaan Sheikh Mansour diantaranya yaitu Trofi Premier League musim 2016/2017 lalu, trofi FA Cup, dan EFL Cup.

Kedigdayaan Manchester City mencapai puncaknya pada musim 2017 lalu skuat asuhan Pep Guardiola tersebut berhasil memenangi trofi Liga Inggris dengan selisih poin yang cukup jauh yaitu hingga 19 poin dari peringkat 2. Sementara itu untuk musim ini sepertinya Manchester City harus bekerja ekstra keras apabila ingin mempertahankan gelar juara Premier League yang diraih pada musim lalu. Pasalnya selain kembalinya Chelsea ke performa terbaiknya The Citizen juga harus mewaspadai ketajaman lini serang Liverpool sebagai tim paling produktif hingga pekan ke 4 ini.

Menurut salah satu bek senior Manchester City yaitu Vincent Kompany mengatakan bahwa timnya musim ini harus meningkatkan performa penampilannya untuk tetap bisa bersaing di papan atas. Hal tersebut memang benar adanya karena Chelsea yang berhasil memenangi gelar Premier Leage pada musim 2016 lalu tiba-tiba mengalami penurunan performa yang cukup signifikan pada musim selanjutnya. Menurut Kompany salah satu cara terbaik untuk memperbaiki performa timnya saat ini yaitu dengan belanja pemain besar-besaran.

Meskipun performa The Citizen pada musim lalu cukup luar biasa namun masih terdapat beberapa celah dimana tak ada pemain yang cocok untuk mengisi posisi tersebut. Selain itu ada beberapa pemain Man City yang mulai mengalami penurunan performa karena faktor usia ataupun mengalami cedera seperti David Silva dan De Bruyne yang diperkiarakan harus absen selama 3 bulan akibat cedera yang dialaminya. Jika berbicara soal uang untuk belanja pemain baru rasanya Man City tak perlu khawatir karena sang pemilik klub selalu siap menggelontorkan dana segar untuk mendatangkan pemain hebat seperti yang ia lakukan beberapa tahun belakangan ini. Namun masalahnya sang arsitek Pep Guardiola masih cukup kesulitan dalam menentukan pemain mana yang akan ia beli di bursa transfer musim ini untuk melengkapi tim asuhannya tersebut.

Tinggalkan Balasan