Pembaca setia berita bola Timnas Indonesia, Beda manajer tentu saja beda aturan main. Itu pula yang berlaku di skuad Arsenal. Di era kepelatihan Wenger beberapa larangan diberlakukan khususnya terkait apa yang bisa dimakan.  Misalnya saja, Wenger melarang para pemain untuk makan coklat batangan. Pemain lebih dianjurkan untuk makan ayam tanpa lemak dan ikan serta sayuran.

Pada era kepelatihan Emery, para pemain dilarang untuk makan jus buah dengan gula. Tentu saja hal ini untuk menjaga pola diet agar stamina para pemain bagus di atas lapangan. Nutrisi pemain memang menjadi hal penting karena akan terkait langsung dengan stamina di atas lapangan. Adalah menjadi hal yang wajar bagi Emery untuk membuat aturan diet ketat bagi para pemain, tanpa pengecualian.

Selain diet, berdasarkan fakta tim berita bola Timnas Indonesia latihan dengan sistem pressing tinggi juga diberlakukan oleh pelatih asal Spanyol ini untuk skuad Arsenal.  Sistem yang dirancang untuk bisa mendominasi di atas lapangan hijau.  Perbaikan kualitas fisik memang amat penting bagi pemain bola apalagi untuk Liga Inggris yang sangat dikenal dengan permainan fisiknya. Bila tidak kuat tentu saja permainan tim akan terpengaruh sehingga tidak bisa menerapkan strategi yang diinginkan pelatih.

Emery memang belum terihat bagus untuk Arsenal. Berdasarkan laporan tim berita bola Timnas Indonesia kalah di dua laga dan baru saja menang sekali sama sekali bukan hasil yang bagus. Emery bahkan dianggap menerapkan taktik yang konyol kala kalah di kandang sendiri saat melawan City. Bemain terbuka dengan kekompakan Manchester biru dianggap sebuah kekonyolan.  Aubumeyang yang menjadi andalan di lini depan juga belum menunjukkan tajinya. Kritik mulai datang ke pemain ini karena penampilannya belum seperti kala ia memperkuat Dortmund.

Tapi tentu saja musim masih amat panjang. Emery masih punya banyak waktu untuk adaptasi metode kepelatihannya. Dibeli dari PSG, Emery memang mengemban tugas yang berat karena harus melakukan banyak perubahan di skuad Arsenal. Apa yang telah dilakukan Wenger di Arsenal harus banyak diubah oleh Emery. Prestasi Emery di tim sebelumnya yaitu PSG juga tidak bagus-bagus amat. Ini juga menjadi catatan khusus apalagi Emery ada di sebuah liga yang disebut terbaik di dunia.  Mengalahkan tim yang bermain kompak seperti Manchester City dan Chelsea tentu saja tidak mudah.  Perlu racikan terbaik dari para pemain agar bisa membuahkan tiga angka di setiap laga yang dijalani.

Pengaturan pola makan adalah salah satu yang coba diperbaiki oleh pelatih asal Spanyol ini. Tentu saja dengan harapan nutrisi yang didapat pemain adalah yang terbaik, performa di atas lapangan pun mengikuti.  Selain itu, metode latihan yang tepat akan menjadi hal penting yang juga terus diperbaiki di skuad Arsenal.  Memang belum terbukti hasilnya tapi karena musim masih panjang tentu saja semua patut dinanti apakah perubahan yang dirancang Emery bisa menghasilkan hal positif atau tidak.

Di akhir pekan ini Arsenal akan tandang ke markas Cardiff City. Bukan hal yang mudah tentu saja meskipun level Arsenal lebih tinggi dari sang lawan. Bermain di hadapan publik Cardiff tentu membutuhkan kekompakan main dan strategi yang tepat.  Bila mampu menang tentu saja Arsenal akan bisa memperbaiki posisi di klasemen tapi untuk masuk empat besar masih belum mungkin.  Para pesaing seperti City, Chelsea dan Liverpool sedang tampil bagus. Hanya Manchester United yang mengalami nasib yang sama dengan The Gunners, tidak bisa memaksimalkan poin di liga laga pertama BPL.

Tinggalkan Balasan