Arsenal mulai menunjukkan penampilan yang konsisten setelah di  awal musim ini tampil buruk. Sempat ada di tengah klasemen, The Gunners kini ada di peringkat lima persis di bawah Spurs.  Sudah tujuh kemenangan diraih Arsenal sejauh ini. Dan tentu saja itu merupakan sebuah kemajuan yang berarti bagi tim asuhan Unai Emery.

Pada pekan ke-7 liga Inggris, Arsenal menjamu Watford. Hasilnya adalah tiga poin bisa diraih oleh Ozil Cs. Tambahan tiga poin itu membuat posisi Arsenal semakin bagus saja. Ozil mencetak satu gol pada laga itu dan satu lagi adalah gol bunuh diri.

Arsenal di bawah Unai Emery memang sempat diragukan. Tentu saja penampilan yang inkonsisten di awal musim yang jadi penyebabnya. Perlahan namun pasti anak asuh Emery bangkit dan terus meraih tiga poin sehingga mendongkrak posisinya.

Di liga Eropa pun, skuad Arsenal bagus dengan menang di laga perdana.  Tentu tantangan di pekan berikutnya masih ada dan pembuktian konsistensi Arsenal harus dilakukan. Seperti musim lalu, Arsenal memang sempat bagus di beberapa pekan lalu tidak konsisten. Hal ini tentu saja patut disayangkan karena akhirnya tidak bisa mendapatkan apa-apa sehingga Wenger harus rela lengser dari jabatannya.

Di bawah asuhan emery tentu saja perubahan harus terjadi. Sudah cukup lama Arsenal tidak mendapatkan gelar bergengsi.  Hanya finish empat besar dan perempat final liga Champions saja yang bisa didapatkan Ozil Cs. Tentu saja itu tidak cukup.

Emery tidak banyak mendatangkan pemain di musim ini. Bernd Leno dan beberapa pamain tidak terkenal didatangkan. Tapi Arsenal tidak banyak kehilangan pemain inti. Sebut saja Aubumeyang dan Lacazette masih ada di skuad The Gunners.   Dengan tim yang masih dengan muka-muka lama, tentu saja bermain kompak seharusnya bisa diterapkan oleh Arsenal. Namun sayang kala melawan tim besar, The Gunners kerap tidak bagus. Sebut saja Arsenal sudah kalah di kandang sendiri melawan Manchester City.

Emery tentu belum bisa disebut berhasil karena belum memberikan apapun untuk Arsenal.  Hanya bisa membawa Arsenal konsisten di beberapa laga belum berarti apa-apa. Dan karena itu, perlu sekali Emery mengoptimalkan anak asuhnya. Ozil yang sempat dikabarkan tidak cocok dengan Emery harus kembali menjadi metronom skuad The Gunners. Aumeyang yang belum tajam juga harus bisa dimaksimalkan.

Permasalah di berbagai aspek harus segera dituntaskan. Nah, itulah mengapa masih banyak sekali PR yang harus diselesaikan oleh pelatih asal Spanyol ini. Mungkin kedalaman skuad saja City yang masih kalah dengan tim rival. Itu artinya bila ada pemain yang cedera, pemain yang bagus sepeti pemain inti tidak banyak dimiliki oleh Arsenal.

Solusinya adalah di tengah musim ini, setidaknya Emery harus berbelanja pemain baru. Arsenal tidak boleh pelit mengeluarkan uang karena persaingan di liga Inggris sangat ketat. Musim ini, The Gunners tidak bisa masuk di liga Champions. Tentu saja alasannya adalah Arsenal finish buruk di musim lalu. Hanya ada di peringkat enam bukanlah apa yang seharusnya diterima oleh Ozil Cs.

Apakah Emery berhasil membawa kejayaan Arsenal kembali ? Tentu saja hanya pelati Spanyol ini yang bisa membuktikan dengan raihan berbagai trofi bergengsi. Setidaknya Arsenal harus masuk di liga Champions musim depan agar kembali dianggap salah satu tim terbaik BPL.