Perburuan klub untuk mendatangkan pemain – pemain terbaik seringkali harus diikuti dengan kesediaan membayar dengan harga mahal. Berikut ini 7 pemain termahal Liga Indonesia di musim ini yang pantas untuk terus dipantau penampilannya.

 

1. Kisito Wilfried Yessoh

Kisito Wilfried Yessoh pemain bola termahal liga indonesia

Kisito Wilfried Yessoh saat memperkuat PSMS Medan

Promosi ke Liga 1 membuat persiapan yang dilakukan PSMS Medan menjadi lebih serius. Salah satunya dengan merekrut seorang Kisito Wilfried Yesooh. Penyerang asal Pantai Gading tersebut direkrut oleh PSMS Medan dari klub asal Saudi Arabia Al Ahli. Penyerang yang musim lalu dipinjamkan ke klub asal Qatar Muaither SC dan mencetak 5 gol tersebut memiliki banderol harga 300 juta Poundserling atau setara dengan 6 Miliar Rupiah.

 

2. Stefano Lilipaly

stefano lilipaly pemain termahal di liga indonesia

Stefano Lilipaly saat memperkuat Bali United

Seorang Stefano Lilipaly merupakan satu – satunya pemain Indonesia yang masuk ke dalam daftar 7 pemain termahal Liga Indonesia pada musim 2018 kali ini. Lilipaly merupakan pemain naturalisasi yang sebelumnya dibesarkan di negeri Belanda. Penyerang Bali United dan juga tim nasional Indonesia tersebut memiliki banderol harga mencapai 400 ribu Euro atau setara dengan Rp 6,7 miliar.

 

3. Bruce Djite

Bruce Djite pemain PSM makassar

Bruce Djite Pemain Baru PSM Makassar

Penyerang yang akan menjalani musim pertamanya di Liga 1 musim 2018 ini menjadi salah satu pemain dengan banderol harga termahal. Bruce Djite yang akan memperkuat lini depan PSM Makassar memiliki banderol harga mencapai 450 ribu Euro atau jika dikurskan dalam Rupiah mencapai angka 7,6 miliar Rupiah. Djite merupakan pemain berkebangsaan Amerika Serikat yang direkrut PSM Makassar dari klub Suwon FC di Korea Selatan.

 

4. Mahamadou N’Diaye

Mahamadou N’Diaye pemain termahal liga indonesia 1

Mahamadou N’Diaye saat Sriwijaya FC melawan PSM Makassar

Keinginan untuk membangun skuad yang lebih kuat menjadi alasan Sriwijaya FC merekrut seorang Mahamadou N’Diaye di awal Liga 1 musim 2018 ini. Tim asuhan Rahmad Darmawan tersebut sukses merekrut N’Diaye dari klub asal Perancis Troyes. Penyerang belakang asal Mali tersebut memiliki nilai cukup tinggi mencapai 500 ribu Euro atau setara dengan 8,4 miliar Rupiah.

 

5. Ezechiel N’Douassel

Ezechiel N’Douassel persib bandung

Ezechiel N’Douassel saat sesi latihan bersama Persib Bandung

Persib Bandung menjadi salah satu klub yang memiliki pemain dalam daftar 7 pemain termahal Liga Indonesia pada musim ini. Padahal Persib sebelumnya telah memiliki penyerang Argentina Jonathan Bauman; namun upaya membentuk tim yang lebih kuat membuat klub asal Bandung tersebut masih merekrut seorang Ezechiel N’Douassel. Pemain depan asal Chad tersebut memiliki nilai mencapai 11 miliar Rupiah atau setara dengan 650 Euro.

 

6. Jaimerson da Silva

Jaimerson da Silva bersama BP

Jaimerson da Silva saat sesi latihan bersama Bambang Pamungkas

Pemain belakang ternyata dapat memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan pemain tengah ataupun penyerang. Buktinya ada pada seorang Jaimerson da Silva yang direkrut oleh Persija Jakarta. Pemain belakang asal Brazil tersebut ternyata memiliki banderol harga yang sangat fantastis untuk kelas liga sepakbola Indonesia. Jaimerson ternyata memiliki harga 700 ribu Euro atau setara dengan 11,8 miliar Rupiah; harga yang bahkan lebih mahal dari pemain depan Marko Simic.

 

7. Danny Guthrie

Danny Guthrie saat sesi latihan bersama mitra kukar

Danny Guthrie saat sesi latihan bersama mitra kukar

Pemain asal Eropa atau berasal dari klub di negara Eropa  sepertinya memang cukup lazim jika memiliki valuation atau harga yang mahal. Pemain termahal dalam daftar 7 pemain termahal Liga Indonesia pada musim ini jatuh pada seorang Danny Guthrie. Gelandang asal Inggris tersebut direkrut oleh klub Mitra Kukar dan memiliki nilai pasaran mencapai 750 ribu Euro; harga tersebut setara dengan 12,7 miliar Rupiah. Harga yang sedemikian mahal sepertinya pantas mengingat reputasi dan pengalaman yang dimiliki oleh Guthrie. Pemain tengah tersebut merupakan pemain produk akademi sepakbola Liverpool. Selain pernah berseragam The Reds; seorang Danny Guthrie juga pernah memperkuat klub – klub elit Inggris sekelas Newcastle United, Southampton, Bolton Wanderers, Fulham, Blackburn Rovers dan Reading.

Tinggalkan Balasan