Laga kali ini merupakan laga perempat final dari piala Asia U 16. Pertandingan kali ini mempertemukan timnas garuda muda dengan timnas Australia. Laga ini digelar pada hari Senin tanggal 1 Oktober 2018 dan bertempat di Stadion Bukit Jalil, Malaysia. Laga ini juga merupakan laga kedua kalinya yang dilakukan oleh timnas garuda muda dengan timnas Australia. Pada laga yang pertama timnas garuda muda harus mau menelan pil pahit setelah dikalahkan oleh timnas Australia dengan skor telak 7-3. Pada laga kali ini timnas garuda muda rupanya tak mampu membalas dendam pada laga pertama karena pada laga kali ini juga mengalami kekalahan dengan skor tipis 3-2. Padahal laga kali ini merupakan laga paling berharga bagi timnas garuda muda. Lantaran apabila para punggawa garuda muda menang pada laga kali ini maka sudah pasti mereka bisa mengikuti piala dunia U 17 yang digelar di Peru.

Pada awal babak pertama rupanya timnas Australia menerapkan skema bermain dengan tenang. Hal ini dilakukan agar tidak terlalu menguras tenaga dari timnas Australia mengingat lawan mereka mempunyai gerakan yang amat lincah meskipun jika dilihat dari perbandingan tubuh lebih kecil dari mereka. Dan pada menit ke 10 timnas Australia hampir saja membobol gol yang membuat mereka memimpin. Peluang emas tersebut didapat oleh salah satu pemain timnas Australia yakni Duzel. Pada saat itu lini pertahanan dari timnas garuda muda rupanya tampak kurang fokus sehingga membuat Duzel bisa lepas dari pengawalan mereka. Dan pada saat itu Duzel hanya tinggal berhadapan dengan kiper timnas garuda muda yakni Ernando. Namun akhirnya Ernando bisa menepis sepakan yang dilakukan oleh Duzel sehingga tak berbuah gol.

Timnas garuda muda pun nampaknya tak mau kalah dengan timnas Australia. Mereka pun berusaha membangun serangan untuk menerobos lini pertahanan dari timnas Australia. Beberapa peluang emas pun juga didapat oleh beberapa pemain timnas garuda muda. Seperti yang terjadi pada menit ke 15 timnas garuda muda hampir saja bisa mencetak gol lewat salah satu pemainya yakni Sutan Zico. Sutan Zico melakukan tembakan ke arah gawang dari timnas Australia namun sayangnya tendangan tersebut masih bisa ditepis oleh kiper timnas Australia. Tak lama kemudain tepatnya di menit ke 17 timnas garuda muda akhirnya bisa mencetak gol terlebih dahulu lewat Sutan Zico yang bisa mengecoh pemain bertahan dari timnas Australia dan juga kipernya lewat tendangan mendatar yang dilakukanya. Skor 1-0 ini bertahan hingga babak pertama berakhir.

Pada babak kedua timnas Australia rupanya masih terus menekan lini pertahanan dari timnas garuda muda. Dan benar saja pada menit ke 51 timnas Australia berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat salah satu pemainya yakni Walsh. Gol tersebut bermula dari sundulan yang dilakukan oleh Walsh yang didapat dari bola tendangan bebas. Lompatan yang dilakukan Walsh rupanya tak dapat dijangaku oleh para garuda muda. Dan pada menit ke 65 timnas Australia menambah golnya lagi lewat sepakan dari Adam Leumbro yang tak mampu dihalau oleh Ernando dan membuat skor menjadi 2-1. Dan lagi-lagi timnas Australia menambah golnya di menit ke 74 lewat Noah Botic dan membuat skor menjadi 3-1. Timnas garuda muda baru bisa membuat kedudukan menjadi 3-2 di menit ke 90 lewat Rendy Juliansyah. Skor 3-2 bertahan hingga laga usai.