Pada laga Piala Asia U 19 yang digelar pada hari Senin tanggal 1 Oktober lalu mempertemukan timnas garuda muda denga timnas Australia di Stadion Bukit Jalil, Malaysia. Sayangnya pada laga kali ini timnas garuda muda harus mau menelan pil pahit lantaran dikalahkan oleh timnas Australia dengan skor tipis 3-2. Padahal pada laga kali ini juga merupakan laga penentu bagi timnas garuda muda lantaran apabila pada laga kali ini menang maka timnas garuda muda akan memperoleh 1 tempat untuk mengisi posisi pada piala dunia U 17 yang akan digelar di Peru. Namun nampaknya harapan tersebut kali ini sudah pupus lantaran timnas garuda muda telah dikalahkan oleh timnas Australia.

Pada saat pertandingan memang kedua tim tersebut sama-sama mendominasi jalanya pertandingan dan kedua tim juga sama-sama berhasrat untuk memenangkan laga tersebut karena laga tersebut amat penting bagi kedua tim itu. Padahal pada saat babak pertama timnas garuda muda mampu memimpin jalanya pertandingan karena berhasil mencetak gol terlebih dahulu lewat tendangan dari Sutan Zico yang mampu menipu para pemain bertahan dari timnas Australia dan kipernya juga. Dan pada babak pertama ini nampaknya timnas garuda muda mampu menekan lini pertahanan dari timnas Australia karena memang para pemain timnas garuda muda memiliki gerakan yang cukup lincah dan cepat dan sangat lihai memainkan bola untuk mengecoh para pemain bertahan dari timnas Australia.

Namun pada saat babak kedua kondisi permainan berbalik drastis. Timnas Australia justru mampu mendominasi pertandingan dan menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Tak hanya sampai disitu rupanya timnas Australia malah bisa memimpin pertandingan dengan skor 3-1 pada babak kedua ini. Dan timnas garuda muda sempat menambah jumlah gol yang dimilikinya pada menit akhir dari babak kedua ini namun nampaknya gol tersebut masih belum bisa mengejar ketertinggalan dari timnas garuda muda. Dari sini munculah beberapa penyebab atas kekalahan yang dialami oleh para pemain dari timnas garuda muda. Timnas garuda muda mengalami kekalahan ternyata memiliki beberapa penyebab dan penyebab tersebut rupanya tak hanya datang dari kubu timnas garuda saja namun juga dari kubu timnas Australia.

Salah satu penyebab terjadinya kekalahan yang dialami oleh timnas garuda muda yang dikatakan oleh coach Fakhri Husaini adalah timnas garuda muda mengalami kekalahan fisik dari timnas Australia. Memang jika sedang bertanding dengan timnas Australia, timnas garuda muda akan sering mengalami kekalahan fisik lantaran jika ditinjau dari segi fisik timnas garuda muda juga jauh berbeda dengan timnas Australia. Lantaran beberapa pemain dari timnas garuda muda memiliki postur tubuh yang tidak tinggi dan tergolong kecil sedangkan dari timnas Australia rata-rata memiliki postur tubuh yang tinggi dan besar. Sehingga apabila pemain timnas garuda muda berhadapan 1 lawan 1 dengan pemain timnas Australia tentu bola akan dengan mudah direbut apabila tak mampu mengecoh pemain Australia.

Coach Fakhri Husaini juga mengatakan para pemain timnas garuda muda kebanyakan kecolongan oleh bola lambung dari timnas Australia. Memiliki postur tubuh yang tinggi dan besar merupakan suatu keuntungan bagi timnas Australia yang bertanding dengan timnas garuda muda yang rata-rata memiliki postur tubuh yang tidak terlalu tinggi. Hal ini rupanya dimanfaatkan oleh timnas Australia untuk memperbanyak umpan lambung. Lantaran apabila para pemain timnas Australia melakukan umpan lambung sudah pasti bola akan mudah didapat lantaran timnas garuda muda tak mampu menjangkaunya.