David Luiz

David Luiz

David Luiz Moreira Marinho

Bek Tengah

Kebangsaan

Brazil

Tempat/Tanggal Lahir

Diadema, Brazil/22 April 1987

Tinggi Badan

189 CM

Tim Sebelumnya

Paris Saint Germain

Player of The Month

Maret 2011
David Luiz

128

Matched Played

Karir

  • Gol 8
  • Assist 4
  • Pelanggaran 150
  • Kartu Kuning 33
  • Kartu Merah 1
  • Operan 6093
  • Akurasi Tembakan 26%
  • Gol Kaki Kanan 5
  • Gol Kaki Kiri 1

Overview

David Luiz Moreira Marinho (lahir 22 April 1987) adalah pemain sepak bola profesional Brasil yang bermain untuk klub Inggris Chelsea dan tim nasional Brasil. Terutama sebagai bek tengah, ia juga bisa ditempatkan sebagai gelandang bertahan.

Setelah memulai di Vitória, ia pindah ke Benfica, yang tersisa dengan klub selama lima musim (tiga selesai). Dia bergabung dengan Chelsea pada Januari 2011, memenangkan Liga Champions UEFA selama musim 2011-12. Pada musim berikutnya ia memenangkan Liga Eropa UEFA. Pada Juni 2014, ia ditransfer ke Paris Saint-Germain dengan bayaran sebesar £ 50 juta, transfer rekor dunia untuk seorang bek, dan memenangkan semua empat kompetisi domestik selama dua musim di sepakbola Prancis. Dia kembali ke Chelsea pada Agustus 2016 dalam kesepakatan transfer £ 30 juta.

David Luiz membuat debut internasional penuh untuk Brasil pada tahun 2010, dan sejak itu telah menerima lebih dari 50 topi untuk negaranya. Dia adalah anggota tim Brasil yang memenangkan Piala Konfederasi FIFA 2013 dan mencapai semifinal Piala Dunia FIFA 2014, dan juga telah mewakili negaranya dalam dua edisi Copa América.

David Luiz adalah seorang Kristen yang taat dan telah menamai Kaká sebagai panutannya. Dia berkata, “Keyakinan saya memberi saya keyakinan bahwa saya bisa keluar dan tampil dan berkembang sebagai pemain. Ini memberi saya kekuatan dan inspirasi.” Dia kemudian menambahkan, “Segala sesuatu dalam hidup adalah milik Tuhan. Tujuan kita telah dipetakan.” Ia menerima baptisan pada Mei 2015 di kolam renang dalam ruangan Maxwell timnya.

Sebelumnya dalam karirnya, David Luiz disamakan secara fisik dengan pemain basket Brasil Anderson Varejão oleh fans di negaranya sendiri, karena gaya rambut mereka yang serupa. Di Inggris, ia disebut sebagai The Simpsons penjahat Sideshow Bob oleh fans oposisi, dan juga dalam referensi diri. David Luiz adalah warga negara Portugis, yang diperoleh selama waktunya di Benfica. Portugal ingin dia mewakili tim nasional mereka, tetapi ia memilih bermain untuk Brasil asalnya