Bagi Anda yang melirik berita bola Timnas Indonesia tentu akan mengetahui jika hari ini, yakni 31 Agustus 2018. Timnas U16 Indonesia akan bertolak ke Malaysia menjelang ajang Piala Asia U16 yang nantinya akan digelar di Kuala Lumpur, Malaysia. Ajang Piala Asia sendiri merupakan ajang bergengsi untuk kategori sepak bola di kawasan Asia. Timnas U16 Indonesia sendiri cukup optimis akan meraih prestasi optimal di ajang ini, bahkan ada kemungkinan menembus empat besar Piala Asia U16.

Optimisme Timnas U16 Indonesia di Piala Asia U16

Timnas U16 tanah air saat ini dibawa asuhan pelatih yang dikenal tangguh yakni Fakhri Husaini dan beliau bertutur “Kami harus optimis. Target kami tidak berubah. Kami akan berjuang semaksimal mungkin supaya masuk empat besar…”. Pelatih kelahiran Lhokseumawe, Aceh ini mengaku optimisme ini dibangun untuk mengejar target bisa masuk ke Piala Dunia U17 yang akan digelar di tahun 2019 atau tahun depan.

Perlu diakui dan memang sudah diketahui semua orang jika untuk bisa lolos di dalam ajang Piala Dunia U17 bukan perkara yang mudah. Jika membaca semua berita bola Timnas Indonesia yang mengulas masalah ini tentu banyak pandangan skeptis. Namun, Fakhri mengaku perlu menanamkan sikap optimis sebab menjadi kunci bagi para pemain lapangan hijau untuk termotivasi bergerak maju. Persyaratan untuk masuk ke Piala Dunia U17 pun tidak bisa diremehkan sebab wajib melewati rintangan Grup C Piala Asia U16.

Untuk bisa melewati pertandingan di Grup C ini maka Timnas U16 yang diketua oleh David Maulana ini perlu menggenjot kemampuan mengalahkan Vietnam, Iran, dan juga India. Maulana sendiri merupakan kapten di Timnas U16 dan merupakan pemain terbaik yang berasal dari Medan. Fakhri mengungkapkan jika lawan di ajang Piala Asia ini kuat dan tangguh, sebab seleksi untuk bisa masuk ke dalam bagian 16 tim ini cukup ketat dan berat sehingga tidak bisa diremehkan.

Menumbuhkan sikap optimis boleh namun Fahkri bertutur untuk tidak memberi label tim lain itu jelek, karena terbukti bisa masuk ke bagian dari Piala Asia. Mencoba melakukan persiapan terbaik agar bisa melewati Piala Asia U16 dengan maksimal. Maka oleh Fakhri semua anak asuhanya akan diberangkatkan lebih awal yakni sore hari ini. Ajang Piala Asia sendiri nantinya baru dimulai pada 20 September 2018 sehingga sesampainya di Negeri Jiran, Timnas U16 bisa melakukan berbagai persiapan.

Salah satu persiapan Skuat Garuda Asia ini adalah untuk beradaptasi di Malaysia yang tentu dari segi budaya sampai kondisi lingkungan sudah berbeda. Adaptasi semacam ini terbilang penting untuk membantu para pemain mengenal kondisi sekitar, dan nantinya tidak kaget dengan kondisi di stadion ketika berlaga. Sebelumnya Timnas U16 Indonesia sudah dijadwalkan akan melakoni laga uji coba dan kali ini akan dipertemukan dengan Timnas U16 dari Oman.

Dalam ajang Piala Asia yang digelar di Malaysia nanti, Fakhri memang akan membawa 23 pemain muda yang sudah diseleksi dengan ketat. Kemudian ada bocoran akan ada empat pemain punggawa yang menjadi pemain tambahan untuk memperkuat Skuat Garuda Asia. Berdasarkan berita bola Timnas Indonesia diketahui jadwal pertandingan di Piala Asia ini Timnas U16 Indonesia akan bertemu dengan Timnas dari Iran pada 21 September 2018, kemudian bertemu dengan Timnas Vietnam pada 24 September 2018, sedangkan pada 27 September 2018 akan ditantang oleh India.

 

Tinggalkan Balasan