Liga inggris tampaknya semakin seru saja. saling rebut posisi pertama klasemen terus terjadi. Manchester City kini menjadi pemuncak klasemen setelah sebelumnya Liverpool dan Chelsea silih berganti menjadi penguasa klasemen sementara. Manchester City pada pekan ketujuh berhasil menanang atas lawannya yaitu Hove Albion. Bermain di kandang sendiri, City trengginas tak tertandingi.

Poin yang didapat Manchester City sebenarnya sama dengan Liverpool yaitu 19 poin dalam tujuh laga. Keduanya sama-sama menang 6 kali dan imbang sekali tapi City berhak ada dipuncak karena unggul agresivitas. Liverpool yang tampil bagus di enam laga tanpa kalah sekalipun pada pekan ketujuh harus puas dengan hasil imbang karena Chelsea berhasil menahan laju apik The Reds. Bahkan di laga itu Liverpool nyaris saja kalah sebelum Suridge membuat gol  sehingga hasilnya imbang 1-1. Adalah Hazard yang menjadi momok bagi Liverpool. Sebelumnya The Reds harus tersingkir di piala Liga berkat gol Hazard. Pemain Belgia itu kembali membuat Liverpool tertinggal terlebih dahulu.

Chelsea yang juga tampil konsisten ada di peringkat tiga dengan poin 17. Tentu saja Chelsea bisa tampil bagus berkat tak tik yang diterapkan oleh Sarri dan juga kecemerlangan Hazzard. Pemain belgia itu kini menjadi pencetak gol terbanyak di Liga inggris.  Tentu saja bila mampu tampil bagus dan konsisten, The Blues akan menjadi penantang sejati untuk bisa juara liga di musim ini. Pesaing terdekatnya tentu saja Liverpool dan Manchester City yang merupakan juara bertahan.

Tapi jangan lupakan Spurs dan juga Arsenal. Sempat tidak tampil bagus, The Gunners sudah mulai konsisten menang. di lima laga terakhir, The Gunners selalu meraih tiga poin. Maka dari itu, posisi Arsenal kini ada di peringkat lima. Spurs juga sama, sempat terpuruk anak asuh Pochettino mulai menang lagi. Peringkat empat kemudian didapatkan oleh Kane Cs. Tentu saja kedua tim itu bisa menjadi penantang Liverpool, Chelsea dan City untuk menjadi juara liga. Semua serba mungkin di dunia sepak bola.

Hanya MU saja yang belum menemukan performa terbaiknya. Bahkan kini Mou dikabarkan akan dikeluarkan dari skuad MU karena dianggap gagal membentuk permainan terbaik padahal MU punya sederet pemain bagus seperti Pogba dan Mata.

Tentu saja liga Inggris masih sangat panjang. Siapa saja masih mungkin menjadi juara. Liverpool, City dan Chelsea memang bagus tapi apakah merupakan sebuah jaminan bila ketiga tim ini bakal tampil konsisten. Memang ketiga klub itu punya kedalaman skuad yang bagus sehingga banyak pemain yang bagus bisa tampil bila pemain inti sedang cedera.

Di liga Inggris juga sering terjadi kejutan. Sebut saja Leicester City yang musim lalu bisa menjadi juara padahal merupakan tim gurem di BPL. Musim ini Watford juga tampil bagus. Sempat ada di empat besar, kini anak asuh Javi Gracia mulai melorot di klasemen.  Wolverhampton juga tampil konsisten untuk meraih poin di BPL.

Yang pasti posisi klasemen liga inggris sangat mungkin terus berganti. Siapa yang menjadi pemuncak belum bisa dipastikan karena liga masih sangat panjang. Tapi sudah mulai terlihat siapa yang tampil konsisten. Belanja besar-besaran Klopp sudah mulai terlihat. Manchester City yang masih dengan skuad lama juga sudah menunjukkan kelasnya. Chelsea dengan pelatih baru Sarri juga mulai menunjukkan taringnya.  Siapa yang bisa tampil konsisten sampai akhir musim ? tentu saja waktu yang akan memberikan jawabannya.