sepakbola78.com – Seusai dikabarkan resmi dipecat dari Manchester United pada Selasa (18/12/2018) kini Jose Mourinho disebut-sebut akan kembali ditunjuk sebagai pelatih Real Madrid oleh President of Los Blancos, sebutan julukan Real Madrid.

Pelatih dengan nama Jose Mourinho sudah memang tidak asing bagi pemain Real Madrid yang diasuhnya dahulu. Pelatih kelahiran Portugal tersebut telah menghabiskan tiga musim bersama Los Blancos, julukan untuk Real Madrid, dari musim 2010 sampai 2013.

Dalam dekade musim tersebut, Mourinho dapat membawa pulang gelar Liga Spanyol, Copa del Rey dan Piala Super Spanyol.

Presiden Real Madrid Terkait Kembalinya Jose Mourinho
Presiden Real Madrid Florentino Perez Terkait Kembalinya Jose Mourinho

Presiden Real Madrid Florentino Perez menjadi babak baru karier disaat Jose Mourinho kembali dikait-kaitkan dengan Real Madrid

Sekarang, Jose Mourinho masih belum dapat berbicara banyak soal dirinya yang kini telah kehilangan pekerjaan. Peluang yang ada pada Jose Mourinho terbuka lebar untuk kembali ke Real Madrid bisa dipantau cukup kecil pasalnya klub Los Blancos tersebut baru saja mengontrak pelatih barunya Santiago Solari sampai 3 musim kedepan.

Mantan Pelatih Real Madrid Ramon Calderon
Mantan pelatih Real Madrid, Ramon Calderon

Kali ini, salah satu mantan pelatih Real Madrid, Ramon Calderon sendiri tidak merasa aneh dengan kabar Pemecatan Jose Mourinho dari Manchester United baru-baru ini karena Jose dianggap selalu bermasalah untuk jabatan ini. “Saya pikir Mourinho telah menjadi masalah utama ketika dia berada di klub lain. Ketika dia di sini, dia menyalahkan semua orang atas kekalahan” ungkap mantan pelatih Real Madrid tersebut.

“Saya pikir itu adalah kesalahan besar. Itu selalu menjadi masalah. Juga membuat konfrontasi dengan para pemain dan itu telah terjadi di Manchester United dengan Paul Pogba serta Eric Bailly,” ujar pernyataan Calderon tentang kabar dipecatnya Mourinho dari Manchester United.

Mantan Direktur Olahraga Real Madrid
Mantan Direktur Olahraga Real Madrid

Mantan Direktur Olahraga Real Madrid, Predrag Mijatovic, menilai tidak terkejut dengan Jose Mourinho yang kembali dipilih Florentino Perez untuk mengasuh Real Madrid.

Performa klub ini di musim 2018/2019 sendiri sedang terjadi penurunan yang sangat signifikan saat ditinggalkan oleh Zinedine Zidane serta keluarnya pemain bintang, Cristiano Ronaldo, yang berubah haluan ke Juventus.

Terkait dengan keberlangsungan karier Jose Mourinho ke depan, Calderon menilai bahwa Mourinho kemungkinan akan beristirahat dulu dari kepelatihannya.

Akan tetapi, Calderon mengatakan lebih baik Jose Mourinho bisa mencontoh gaya kepelatihan Alfredo Di Stefano, sang legenda Real Madrid. Misi untuk menjuarai Liga Champions Eropa, Jose Mourinho malah gagal menjawab tantangan tersebut selama 3 musim beruntun dan berakhir di babak semifinal saja.

Jose Mourinho akhirnya dipecat dari Real Madrid tanpa memperoleh 1 gelar pun di musim 2012/2013. Di Real Madrid, Jose Mourinho dapat meraih rekor kemenangan 128 kali menang, 28 kali seri, dan 22 kali kalah dengan kualitas persentase menang sebesar 71,9 persen di seluruh pertandingan resmi.

Real Madrid terdengar kabar akan mengajukan mantan pemain Xabi Alonso sebagai asisten pelatih untuk Jose disaat Jose Mourinho kembali dikait-kaitkan dengan Real Madrid, sehingga kabar tersebut tertuang baru jelang kemungkinan kembalinya Jose Mourinho di Santiago Bernabeu akhir-akhir ini.

Mourinho dikait-kaitkan dengan ditunjuknya kembali ke Los Blancos, apalagi masa depannya di Old Trafford sudah sangat terpuruk, jelang setelah Manchester United terperosok sampai ke peringkat delapan klasemen sementara Liga Primer Inggris yang saat ini tertinggal jauh 18 poin dengan sang pemuncaknya yakni Manchester City.