Beberapa waktu lalu, berita bola Timnas Indonesia diramaikan dengan aksi para penggawa Timnas U-23 yang berlaga di Asian Games 2018. Meski tersingkir di babak 16 besar, performa Hansamu Yama Pranata dkk patut diacungi jempol karena mampu tampil fight hingga detik-detik terakhir. Sebelum akhirnya, anak asuh Luis Milla harus mengakui keunggulan Uni Emirat Arab melalui babak adu penalti.

Beberapa pekan kedepan, berita bola Timnas Indonesia akan kembali diramaikan dengan aksi para remaja berbakat yang membela Timnas Indonesia U-16. Anak asuh Coach Fakhri Husaini akan berjuang mengharumkan nama bangsa Indonesia di ajang Piala AFC U-16. Turnamen tersebut akan digelar di Malaysia mulai tanggal 20 September sampai 7 Oktober 2018 mendatang. Saat ini, Garuda Asia tengah menjalani pemusatan latihan di Malaysia untuk dapat segera beradaptasi dengan lingkungan di sana. Mereka juga akan mengadakan tiga laga uji coba untuk mematangkan tim sehingga siap menghadapi persaingan di grup C.

Timnas U-16 memang tergabung ke dalam grup C bersama Iran, India, dan juga Vietnam. Iran sepertinya akan menjadi lawan terberat Timnas U-16 di grup C nanti. Hal ini tentu saja berdasarkan bagaimana persiapan yang telah dilakukan oleh Iran sebelum turun di ajang Piala AFC U-16 nantinya. Mereka sempat mengikuti turnamen segitiga di Qatar, Mei lalu. Saat itu, mereka mampu bermain imbang dengan Tunisia dan Qatar.. Usai turnamen tersebut, mereka kembali mengikuti turnamen tiga negara di China. Hasilnya, Iran kalah dari 0-1 dari Jepang dan berhasil meraih kemenangan 4-1 atas China. Bahkan, mereka juga melakukan pemusatan latihan di Italia. Bahkan, Iran juga menjajal kekuatan AC Milan U-16 dan Inter Milan U-16 di sana. Pada Juli lalu, Iran mengadakan uji coba selama dua kali menghadapi Azerbaijan dengan meraih dua kemenangan yakni 5-1 dan 4-0 di Baku, Azerbaijan.

Sementara untuk laga menghadapi India tampaknya kita masih mampu mengimbanginya. Begitu pula dengan Vietnam yang sudah tidak asing lagi bagi Timnas U-16. Pasalnya, anak asuh Coach Fakhri Husaini sebelumnya sudah pernah menghadapi negara asal Asia Tenggara tersebut. David Maulana dkk pernah mengahdapi Vietnam U-16 di babak penyisihan grup Piala AFF U-16 beberapa waktu lalu. Saat itu, Timnas U-16 berhasil meramaikan berita bola Timnas Indonesia usai mampu mengalahkan Vietnam dengan skor 4-2.

Berikut jadwal lengkap Timnas Indonesia di ajang Piala AFC U-16 2018 di Malaysia :

Timnas Indonesia U-16 vs Iran (Jumat, 21 September 2018 mulai pukul 15.30 WIB)

Timnas Indonesia U-16 vs Vietnam (Senin, 24 September 2018 mulai pukul 19.45 WIB)

Timnas U-16 vs India (Kamis, 27 September 2018 mulai pukul 19.45 WIB)

Sebelumnya, Timnas Indonesia berhasil menghebohkan berita bola Timnas Indonesia usai menjuarai Piala AFF U-16 2018. Saat itu, Garuda Asia memang tampil luar biasa dengan menyapu bersih setiap laga dengan kemenangan mulai dari babak penyisihan grup hingga babak semifinal menghadapi Malaysia. Di babak final, David Maulana dkk harus menghadapi langganan final yakni Thailand. Saat itu, Timnas Indonesia U-16 berhasil mencetak gol terlebih dahulu melalui Fajar Faturrahman. Sebelum akhirnya berhasil disamakan oleh Thailand yang membuat laga berakhir dengan skor 1-1. Di babak adu penalti, kiper Timnas Ernando berhasil menjadi pahlawan dengan menggagalkan dua tembakan pemain Thailand sekaligus memastikan Timnas U-16 sebagai juara Piala AFF U-16 di Gelora Delta Sidoarjo.

Tinggalkan Balasan