Perdebatan tentang kepantasan Mourinho sebagai pelatih MU memang terus mencuat.  Tentu saja hasil buruk di banyak laga yang membuat penilaian itu muncul. Mou memang belum bisa memberi United gelar liga Primer dan juga trofi Liga Champions sejauh ini. Mourinho juga dikabarkan tidak akur dengan beberapa pemain United seperti Paul Pogba.  Belum lagi soal gaya melatih Mou yang tidak bisa memberi United permainan yang dominan dan atraktif.

Cantona yang merupakan mantan pemain United yang tentu saja sempat berjaya dengan memberikan beberapa gelar bergengsi menyatakan bahwa ia kagum dengan Mourinho tapi tidak untuk United. Cantona lebih memilih Guardiola sebagai pelatih yang pas untuk Manchester United. Tentu saja hal itu beralasan karena Guardiola sukses mengubah Manchester City menjadi lebih baik. Di musim lalu saja, City bisa dibuatnya menjadi juara dengan berbagai rekor yang apik.

Di musim ini United jelas tampil tidak bagus. Sudah kalah di dua laga dari empat laga Liga Primer tentu membuat United dianggap tidak akan bisa bersaing merebut titel BPL. Dan semua yang diraih oleh United sejauh ini dianggap sebagai kesalahan pelatih. Mourinho sendiri tidak tinggal diam dengan berbagai kritik yang ditujukan kepadanya. Ia mengaku masih menjadi menajer terbaik di dunia dengan berbagai gelar bagus yang telah diraih.

Adalah hal yang wajar bila Cantona mengkritik Mourinho saat ini karena memang United mengalami kemunduran. Musim lalu bahkan United tidak bisa mendapat gelar apapun. Harus keluar di fase grup dan hanya mendapatkan posisi runner up di liga Inggris tentu saja bukan capaian yang bagus. Itulah mengapa di musim ini Mou dirumorkan akan dikeluarkan dari United.

Memang belum ada kepastian tentang nasib Jose Mourinho. Namun speskulasi penggantian pelatih asal Portugal ini oleh Zidane terus semakin menguat. Tentu saja karena Zidane sendiri masih belum punya pekerjaan saat ini pasca hengkang dari Madrid.  Mourinho pun memulai liga Inggris dengan tidak impresif.  Ada di peringkat 10 klasemen dengan enam poin saja sudah menjadi bukti betapa Mou masih mengulangi kesalahan musim lalu dengan tampil tidak konsisten.

Ada berbagai faktor sebenarnya yang membuat Mou tidak bagus untuk United. Yang pertama, pelatih ini kerap mengkritik anak buahnya di media. Tentu saja hal itu membuat para pemain tidak senang. Kedua, Mou kerap tidak punya kepastian Line Up sehingga di banyak laga komunikasi antar pemain menjadi kurang.  Mou juga tidak bisa memaksimalkan potensi terbaik yang dimiliki oleh pemain.

Cantona memang berharap Mou dipecat dari United. Pelatih yang lebih tepat seperti Guardiola seharusnya yang melatih MU tapi  tentu saja itu tidak mungkin karena Guardiola sendiri masih nyaman ada di Manchester City.   Publik tentu saja masih menunggu akan seperti apa keputusan manajemen United terkait rumor pemecatan Mourinho. Bila benar Zidane yang akan menjadi pelatih, tentu saja aka nada perekrutan baru di skuad United. Tidak akan sulit bagi Zidane untuk mencari pemain baru karena memang wibawa dan pengalamannya sebagai pelatih sudah tidak diragukan lagi.

Dipastikan United harus mengeluarkan uang besar untuk mendatangkan Zidane karena memang reputasi pelatih ini sedang naik daun. Tapi tentu saja harapan untuk membuat MU menjadi lebih baik di tangan Zidane bisa menjadi kenyataan. Terbukti pelatih berkebangsaan Prancis ini mampu tampil ciamik di Liga Spanyol bersama Real Madrid.

Tinggalkan Balasan